Kulit keriput adalah salah satu tanda yang mewakili bahwa seseorang sudah mulai mengalami penuaan kulit. Kuilt yang kendur dan mengalami keriput bisa di alami siapapun itu baik oleh kaum oleh pria maupun wanita. Kulit keriput adalah salah satu pokok masalah yang sering di khawatirkan oleh kebanyakan kaum wanita yang selalu mengutamakan penampilannya. Banyak cara di lakukan oleh kaum wanita untuk menghilangkan kulit yang keriput.

kerutan_wajah

tanda keriput di wajah – image [ source ]

Mungkin banyak yang heran dengan kondisi yang masih muda namun sudah mengalami keriput pada wajah. Perlu di ketahui bahwa faktor bertambahnya usia ternyata bukan menjadi satu-satunya penyebab utama kulit menjadi keriput. Pengen tau apa saja yang menjadikan kulit cepat keriput? Yuk simak ulasan berikut tentang 5 hal yang menyebabkan kulit menjadi cepat keriput.

1. Keluar Rumah Tanpa Tabir Surya

Banyak dari ahli penenliti kulit yang mengatakan bahwa Sinar Ultra Violet ternyata mendominasi peringkat tertinggi dalam proses penuaan pada sel kulit yang dapat menyebabkannya menjadi keriput. Salah satu hal yang bisa mengurangi efek dari sinar Ultra Violet adalah dengan menggunakan krim tabir surya.

penggunaan tabir surya

tabir surya dapat mencegah masalah keriput – image [ source ]

Namun di jaman modern ini penggunaan krim tabir surya kini hanya sebatas pada momen-momen tertentu saja seperti halnya saat berenang, ke pantai atau pada saat liburan. Padahal peranan tabir surya dalam kehidupan sehari-sehari sangatlah penting karena kini Sinar Ultra Violet yang masuk di bumi semakin tinggi karena rusaknya lapisan ozon karena polusi.

2. Gula dan Makanan Karbohidrat Tinggi

Tahukah bahwa ternyata mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi gandum dan yang lainnya bersamaan dengan mengkonsumsi gula yang banyak dapat mengakibatkan terjadinya proses penuaan semakin cepat terjadi. Mengkonsumsi gula secara rutin memanglah tidak di anjurkan, karena nutrisi gula tidaklah baik bagi oragan tubuh manapun begitu juga untuk kulit.

makanan-yang-mengandung-karbohidrat

makanan berkarbohidrat tinggi + gula menyebabkan glikasi – image [ source ]

Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi gula bersamaan dengan karbohidrat tinggi ternyata mampu memicu peradangan pada sel kulit dan proses glikasi. Proses glikasi inilah yang mampu mengikat sumber kolagen yang di butuhkan kulit. Kekurangan kolagen dalam kulit ternnyata akan memperburuk gisi pada kulit dan mempercepat penuaan pada sel kulit. Di sarankan bagi yang sedang mengkonsumsi karbohidrat tinggi lebih baik jangan langsung bersamaan mengkonsumsi yang makananĀ  atau minuman lain mengandung banyak gula.

3. Sering Begadang

Begadang atau sering tidur larut malam ternyata mampu menjadi salah satu penyebab terjadinya kulit cepat menjadi keriput. Tidur larut malam dapat menimbulkan kelelahan baik bagi tubuh maupun juga pada mata. Kegiatan begadang akan menjadikan kombinasi buruk yang akan memicu pada peningkatan kadar kolestrol dan hormon stres pro-inflamasi yang dapat menyebabkan kontribusi besar terjadinya kilut keriput.

kegiatan begadang

begadang dapat memicu timbulnya keriput kulit – image [ source ]

Banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa tubuh akan meregenerasi sel kulit pada saat manusia sedang tidur di malam hari. Semakin seseorang memiliki cukup tidur di malam hari maka semakin baik tubuh akan meregenerasi sel kulit yang akan menunda penuaan pada kulit tubuh. Cukup tidur di malam hari adalah saran bagi semua orang jika memiliki keinginan awet muda.

4. Rokok dan Asap Rokok

Selain mengakibatkan resiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, penyakit paru-paru dan yang lainnya, ternyata merokok dan asap rokok mampu membuat seseorang terlihat lebih tua. Keiasaan merokok ternyata mampu memicu munculnya garis-garis halus pada kulit wajah di sekitar mulut. Bahkan efek yang sangat mengerikan adalah berasal dari radikal bebas asap rokok yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

rokok dan asap rokok

rokok dan asapnya adalah salah satu penyebab keriput kulit – image [ source ]

Radikal bebas pada rokok dapat mengurangi kekenyalan kulit dan mengakibatkan menjadi keriput dan tampak pucat. Walaupun hal ini tidak berdampak lansung pada kulit, namun seorang yang rutin merokok dan sering terkena asap rokok setidaknya akan merasakan dampak tersebut hanya dalam waktu kurang lebih 10 tahun.

5. Polusi Udara

Polusi udara adalah salah satu kendala yang mungkin tidak bisa kita hindari jika kita hidup pada perkotaan. Selain membuat kualitas udara menjadi buruk, ternyata radikal bebas yang di hasilkan oleh polusi berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Pengaruh buruk dari polusi untuk kesehatan kulit, ternyata memiliki dapak yang sama halnya dengan kerusakan kulit akibat sinar Ultra Violet.

polusi-udara

polusi udara dapat mempercepat penuaan kuit – image [ source ]

Para peneliti kesehatan kulit mengatakan bahwa orang-orang yang sering terpapar oleh asap kendaraan dan polusi lingkungan, akan memiliki efek yang lebih besar mengalami kulit keriput secara cepat pada kisaran usia 30 tahun. Salah satu pencegahan dari masalah polusi agar terhindar dari efek radikal bebas akibat polusi adalah di wajibkan untuk selalu mengkonsumsi makanan kaya akan anti oksidan tinggi seperti buah segar, sayuran hijau, dan lemak ikan.

Memiliki wajah yang menawan dengan tampil muda tanpa adanya keriput adalah merupakan cita-cita bagi semua orang tentunya. Tak sedikit dari kaum tergolong masih muda menginginkannya karena sudah memiliki kulit keriput. Kulit yang sehat bisa kita miliki tentunya dengan menjaga kesehatan yang mengacu untuk kesehatannya. Salah satu contohnya adalah dengan cara menghindari hal-hal yang mampu mengakibatkan kulit menjadi cepat keriput seperti ulasan di atas. Menghindari perihal di atas setidaknya akan membantu menjaga kesehatan kulit dari penuaan dini.

No more articles