Mahasiswa tak pernah lekang oleh waktu. Dari zaman universitas didirikan pertama kali di luar negeri, mahasiswa selalu memiliki karakter berbeda-beda setiap tahunnya. Kamu yang saat ini mahasiswa tentunya termasuk mahasiswa zaman sekarang yang segalanya sangat berbeda dengan zaman ayah ibumu kuliah dulu.

Jadi anak kuliahan itu merupakan cita-cita tertinggi semua orang di bidang pendidikan, walaupun pas sudah jadi anak kuliahan mereka akhirnya sering kangen masa-masa sekolahnya dulu. Walaupun tujuan anak kuliahan itu pasti selalu sama (ingin lulus) tapi tiap generasinya mereka punya perbedaan. Berikut ini perbedaan anak kuliahan dulu dan sekarang.

1. Senjata Ketika Kuliah

Zaman dulu, yang menjadi senjata ketika kuliah adalah buku dan pulpen. Belum ada teknologi yang super canggih seperti sekarang. Sehingga mau tidak mau ketika belajar di kelas harus memperhatikan sungguh-sungguh dan mencatat semua materi dengan menggunakan senjata mereka, karena jika tertinggal materi sedikit saja tidak akan bisa menjawab ketika kuis atau ujian nanti. Mahasiswa zaman dulu sering dicap sebagai orang sakti karena mempunyai pengetahuan tingkat tinggi.

Senjata ketika kuliah [ Image Source ]

Senjata ketika kuliah [ Image Source ]

Zaman sekarang, yang menjadi senjata mereka adalah gadget. Tidak salah jika mahasiswa saat ini juga menggunakan teknologi yang super canggih ini. Bahkan mahasiswa zaman sekarang kalau ke kampus yang dibutuhkan hanya wifi. Karena dimanjakan oleh teknologi yang canggih ini, jika dosen memberi catatan di papan kelas, mahasiswa tidak perlu repot-repot untuk mencatat. Yang mereka lakukan hanya tinggal foto tulisan tersebut.

2. Baca Buku

Zaman dulu, mahasiswa sangat rajin baca buku karena minimnya sara informasi selain buku. Saat mengerjakan tugas dan menjelang ujian mereka akan berbondong-bondong ke perpustakaan untuk mencari referensi. Jika pergi-pergi pun yang mereka bawa juga buku. Tasnya berat karena berisi buku. Bahkan ketika sedang menugggu pun yang dilakukan juga membaca buku.

Baca buku menjadi mengandalkan gadget [ Image Source ]

Baca buku menjadi mengandalkan gadget [ Image Source ]

Zaman sekarang, mahasiswa sangat jarang membaca buku. Karena sudah ada teknologi yang super canggih, mereka bisa mencari info melalui internet. Semua tugas bisa selesai dengan bantuan dari google, senang punya dunia maya. Bahkan mereka tidak usah berat-berat membawa buku karena hanya perlu membawa gadget mereka untuk mencari informasi. Saat menunggu pun yang mereka lakukan adalah memainkan gadget mereka. Buku menjadi berkurang fungsinya.

3. Focus

Zaman dulu, mahasiswa sangat harus dan wajib focus dalam hal apapun untuk bisa menjadi sukses. Zaman dulu focus harus dibagi-bagi. Focus kepada sekolah, focus untuk membantu orang tua, dan juga harus focus untuk menata masa depan agar lebih sejahtera dan bisa mensejahterakan orang tua. Kalau dipikir-pikir ini sangat mulia juga ya.

Fokus [ Image Source ]

Fokus [ Image Source ]

Zaman sekarang, mahasiswa kurang focus akan berbagai hal. Ini membuat mereka tidak pandai mencari atau memanfaatkan kesempatan yang sangat kecil. Hal ini terpengaruh dari malasnya mereka dalam memanfaatkan kesempatan.

4. Tepat dan Cerdas Mengatur Waktu

Zaman dulu, tepat waktu disini dimaksudkan dengan tepat waktu dalam menyelesaikan studi, karena itu merupakan hal yang penting. Tepat waktu dalam membagi waktu untuk orang tua, waktu untuk pendidikan serta waktu untuk mewujudkan masa depan mereka. Cerdas dalam mengatur waktupun juga dilakukan, bisa menempatkan mana yang menjadi hal primer dan sekunder dalam kehidupan mereka.

Zaman sekarang, banyak yang tidak tepat waktu dalam menyelesaikan studi. Hal ini berpengaruh pada hilangnya kesempatan yang ada. Tidak tepat dan cerdas membagi waktu mana yang menjadi prioritas dan mana hal yang primen dan sekunder.

Tepat dan cerdas mengatur waktu [ Image Source ]

Tepat dan cerdas mengatur waktu [ Image Source ]

Walaupun kita hidup di zaman sekarang yang sangat serba mudah, sekiranya kita bisa menerapkan apa yang dapat dilakukan mahasiswa zaman dulu. Jangan selalu menjadikan alasan bahwa dengan teknologi yang super canggih sekarang bisa seenaknya untuk bermalas-malasan. Seharusnya dengan modal yang sekarang serba canggih, menjadikan kita sebagai mahasiswa zaman sekarang untuk lebih sukses daripada mahasiswa zaman dulu.

Well guys, itu tadi beberapa perbedaan mahasiswa zaman dulu dan zaman sekarang. Semoga kita tidak terlalu terlena merasakan teknologi yang ada zaman sekarang. Semoga bisa bermanfaat.

No more articles