Bulan puasa datang, suasana berbeda pun dirasakan oleh banyak orang termasuk anak kos. Aktivitas harian pasti berubah ketika bulan puasa datang. Yang biasanya malam hari banyak banyak nongkrong, bisa jadi terus tambah rajin beribadah tarawih di masjid, tadarusan atau tirakatan bersama kelompok kajian yang ia ikuti.

Suka Duka Menjalani Puasa Sebagai Anak Kos, Mana Yang Paling Bikin Nelangsa?

Suka Duka Menjalani Puasa Sebagai Anak Kos, Mana Yang Paling Bikin Nelangsa? Image [source]

Pola makan, pola tidur sampai jam berangkat kuliah pun sudah pasti berubah. Yang biasa sibuk pacaran, mau tak mau juga harus menahan diri. berbagai perubahan tersebut tentu saja berpengaruh juga dalam segi keuangan anak anak kos. Apalagi ada kecenderungan dimana kalau bulan puasa itu cenderung agak boros buat beli makanan makanan takjil yang jarang ditemui di bulan bulan lain. seperti kolak, dawet, es pisang ijo dan masih banyak lagi. kehadiran bulan puasa membawa suka duka tersendiri bagi anak anak kos. Dari berbagai perubahan yang dialamai oleh anak kos selama bulan puasa, apa ya yang bikin nelangsa? berikut ini suka dukanya.

1.Ngenes Karena Hidup Terpisah Dengan Keluarga.

Ngenes Karena Hidup Terpisah Dengan Keluarga.

Ngenes Karena Hidup Terpisah Dengan Keluarga. image [source]

Anak anak kos yang baru menjalani kuliah mereka di tahun pertama tentu sangat tersiksa dengan kondisi ini. pasalnya puasa di tahun tahun sebelumnya, mereka selalu menghabiskan momen momen penting bersama keluarga. Buka dirumah bareng, sahur dibangunin. Sholat tarawih berjamaan serta sering ngumpul bareng keluarga sehabis bukka. Karena sering ketemu keluarga, momen bulan puasa tersebut pun jadi berkesan. Namun kini dia harus hidup sendiri. masak masak sendiri dan sahur pun kadang telat bangun. Anak kos jadi merasa nelangsa karena mereka rindu momen momen kebersamaan dengan keluarga.

2. Tugas Tugas Tetap Numpuk.

Tugas Tugas Tetap Numpuk.

Tugas Tugas Tetap Numpuk. Image [source]

Ketika masih jadi pelajar, bulan puasa biasanya murid murid agak dimanja. Jam pelajaran dikurangi, demikian juga dengan tugas tugas rumah. Tapi saat kuliah, baik puasa atau tidak rasa rasanya tugasnya tetap banyak. jadi sehabis tarawih atau tadarusan, anak kos tidak bisa serta merta tidur. Mereka kadang harus begadang untuk menyelesaikan tugas tugas tersebut. karena begadang ini masih ada efek lanjutannya lho.

3. Sering Telat Sahur.

Sering Telat Sahur.

Sering Telat Sahur. Image [source]

Akibat mengerjakan tugas hingga begadang, niatnya mau tiduran sebentar eh bangun bangun sudah adzan subuh. Harapan untuk bisa sahur pun sirna sudah. Terpaksa hari itu menjalani puasa tanpa sahur. Ini biasa terjadi pada anak anak kos yang masih jomblo. Kalau yang sudah punya pacar sih biasanya ada yang membangunkan. Entah di kirimi pesan wa, atau di miscall sampai bangun.

4. Sahur Dengan Mie Mie Dan Mie Lagi.

Sahur Dengan Mie Mie Dan Mie Lagi.

Sahur Dengan Mie Mie Dan Mie Lagi. Image [source]

Duit mepet, sering bangun telat dan mau keluar kos kosan buat mencari makan untuk sahur terasa malas. Alhasil mie instan lah pilihan yang sering di ambil oleh anak anak kos buat sahur. Yah menskipun variasi rasanya berbeda beda mulai dari rendang, baso sapi, kare ayam sampai soto koya, di dalam perut yang masuk ya mie mie juga. kalau kelamaan makan mie tiap kali sahur pasti perut terasa begah ya. Di tambah lagi sehabis sahur langsung tidur. Pasti bangun bangun perut terasa tersiksa.

5. Tambah Irit Karena Buka Buasa Di Masjid Dan Dapat Jatah Takjil.

Tambah Irit Karena Buka Buasa Di Masjid Dan Dapat Jatah Takjil.

Tambah Irit Karena Buka Buasa Di Masjid Dan Dapat Jatah Takjil. Image [source]

Nasi ayam satu porsi paling tidak 10 ribuan. Tapi di bulan puasa, anak anak kos bisa mendapatkannya dengan geratis. Itu karena di bulan puasa masjid masjid serta para dermawan banyak yang membagi bagikan takjil bagi mereka mereka yang menjalankan ibadah puasa. Asal mau datang ke masjid untuk mengikuti pengajian, pasti dapat menu buka puasa gratis. Di pinggir pinggir jalan, kadang juga banyak yang bagi bagi takjil untuk para pemakai jalan yang belum sempat membatalkan puasa. Kapan lagi bisa begini kalau tidak di bulan puasa.

6. Ngantuk Ketika Mengikuti Kuliah.

Ngantuk Ketika Mengikuti Kuliah. Image [source]

Puasa bukan alasan untuk bermalas malasan dan tidur seharian. Tapi karena efek begadang, lapar sama kelewatan waktu sahur tadi, anak anak kos jadi sering mengantuk ketika mengikuti perkuliahan. Mau tidur tapi ada dosen, kalau enggak tidur kok mata berat banget. Alkasil menyelesaikan jam perkuliahan merupakan sebuah perjuangan yang berat.

Dari berbagai suka duka yang dialami anak anak kos selama bulan puasa tersebut, kira kira mana yang paling menyiksa dan bikin nelangsa? kamu pernah mengalami belum?

No more articles