Ada perbedaan besar antara anak anak jamansekarang dengan anak anak jaman dahulu. Anak jaman dahulu sepertinya lebih punya banyak kesempatan untuk bermain di luar rumah dan enggak takut kotor kotor dalam bermain. Mandi di sungai, mencari ikan di got penuh lumpur, larilarian di sawah sampai item hingga memanjat pohon pun sering dijalani.Kalau anak anak sekarang, rata rata mainnya di dalam rumah. Mereka lebih asik duduk di depan layar televisi, layar komputer atau layar gadget.

Wow, 5 Permainan Masa Kecil Ini Ternyata Baik Bagi Kesehatan, Pernah Main Belum?

Wow, 5 Permainan Masa Kecil Ini Ternyata Baik Bagi Kesehatan, Pernah Main Belum? Image [Source]

Bukan salah anak anak jaman now sepenuhnya sih. Tapi kesalahan anak anak jaman dulu juga yang sekarang sudah beranjak dewasa dan jadi orang tua. Kenapa mereka tidak mengajari anak anak mereka bermain seperti waktu mereka bermain pada jaman dahulu. Apalagi kini setelah di ketahui bahwa permainan permainan anak jaman dahulu ternyata bagus bagi kesehatan kita. apa saja sih permainan anak jaman dahulu yang bikin tubuh makin sehat tersebut? berikut 5 diantaranya.

1. Permainan Balap Karung.

Permainan Balap Karung

Permainan Balap Karung Image [Source]

Pernah menyaksikan dengan mata kepala sendiri kan serunya bermain balap karung ini? biasanya permainan tradisional balap karung di lombakan pada event event perayaan 17 an. Permainan nya cukup sederhana Cuma bermodalkan karung goni bekas saja. anak anak kemudian diminta untuk adu cepat menuju garis finis yang telah di tentukan. Permainan ini tentu saja bikin sehat karena anak dipaksa untuk aktif bergerak dan melompat dengan suasana yang seru. Efek positif balap karung bagi kesehatan mungkin sama seperti lari lari. Bedanya yang satu ini dilakukan dengan cara yang lebih asik.

2. Main Lompat Tali Pake Karet.

Main Lompat Tali Pake Karet

Main Lompat Tali Pake Karet Image [Source]

Waktu kecil psti pernah kan main lompat tali memakai karet yang di sambung sambung jadi panjang. Kebanyakan cewek memang yang memainkannya. Tapi kadang anak cowok juga ikut nimbrung dalam permainan ini. menurut seorang profesor dari Universitas huntington College, permainan lompat tali tersebut ternyata menyehatkan. Itu karena untuk memutar mutar tali agar stabil perlu kerja sama yang selaras antara pergelangan tangan, lengan atas dan bahu si anak. Jadi hanya dengan asik permain lompat tali tersebut, otot otot di lengan dan bahu bagian atas jadi terasah.

3. Bermain Layang Layang.

 Bermain Layang Layang.

Bermain Layang Layang. Image [Source]

Baik anak desa maupun anak kota, biasanya suka bermain layang layang. Bedanya kalau anak desa bermain layang layang di lahan yang luas, sementara anak anak kota memanfaatkan sela sela bangunan untuk bisa menerbangkan layang layang. Permainan sederhanaya yang hanya butuh modal kurang dari 10 ribu ini ternyata menyehatkan. Saat bermain layang layang, tubuh anak jadi lebih aktif. Persendian mereka baik tangan maupun kaki jadi terasah. Rasa senang yang ditimbulkan dari permain layang layang juga bisa mengurangi stress. Karena banyak gerak, jantung anak anak jaman dulu juga lebih sehat dan berefek hingga tua.

4. Main Kelerang.

Main Kelerang

Main Kelerang Image [Source]

Bermain kelerang sepertinya sangat populer di waktu kecil. main kelerang ramai ramai bersama teman memang asik. Selain mengasyikkan permainnan kelerengternyata mampu mengasah kemampuan motorik kasar dan motorik halus si anak. Bermain kelerang juga meningkatkan kemampuan konsentrasi si anak. Si anak juga di tuntuk bisa memaksimalkan kordinasi visual dengan otot otot motorik yang ada di tangganya. Kognitif anak juga terlatih untuk menyusun taktik agar bisa memenangkan pertandingan.

5. Permainan Gobak Sodor.

Permainan Gobak Sodor.

Permainan Gobak Sodor. Image [Source]

Permainan Yang Dilakukan Bersama Tim Ini Juga Cukup Populer untuk anak anak. Bermain di dalam sebuh kotak dengan yang terbagi menjadi 6 gerbang. Ada tim yang jadi penjaga dan ada tim yang berusaha melewati ke 6 garis pembatas tersebut. mereka harus bergerak lincah baik untuk lolos melewati penjaga ataupun ketika harus menangkap pemain dari tim lawan yang berusaha melintasi garis. Dengan permainan gobak sodor ini, fisik anal jadi terlatih, jantung jadi sehat dan kemampuan kerja sama dengan sesama anggota tim pun dapat terasah.

6. Bermain Egrang.

Bermain Egrang.

Bermain Egrang. Image [Source]

Kenal dengan permainan egrang kan? permainan tradisional yang cukup sederhana, tapi ternyata punya banyak manfaat lho bagi tubuh si anak. Lewat permainan egrang tersebut anak anak belajar untuk mengatur keseimbangan tubuhnya sendiri. selain melatih keseimbangan permainan egrang ini juga menuntut agar anak bergerak lebih aktif. Entah itu melompat saat keseimbangannya mulai goyan atau pun menggunakan otot lengan untuk naik ke egrangnya.

No more articles