Madura merupakan sebuah pulau kecil yang ada di sebelah timur laut pulau jawa. Jembatan suramadu menghubungkan antara pulau jawa dengan pulau madura. Jika di tanya kuliner khas madura, rata rata akan menjawab dengan sate. Ya madura memang rajanya sate. Penjaja sate madura tersebar dimana mana di seluruh indonesia. dengan baju khas lorek lorek serta rompi hitam yang di pakai penjual, kelezatan sate madura begitu khas.

Meski Namanya Aneh Dan Tidak Familiar, 5 Kuliner Asal Madura Ini Rasanya Top Banget Dan Wajib Kamu Coba.

Meski Namanya Aneh Dan Tidak Familiar, 5 Kuliner Asal Madura Ini Rasanya Top Banget Dan Wajib Kamu Coba. Image [source]

Namun kuliner madura ternyata tidak hanya sate saja lho. berikut 5 kuliner madura lain dengan nama aneh namun rasanya cukup lezat dilidah. Ini dia daftarnya.

1. Kuliner Khas Madura, Nasi Serpang.

Kuliner Khas Madura, Nasi Serpang.

Kuliner Khas Madura, Nasi Serpang. Image [source]

Namanya cukup asing bukan. tapi ketika memakannya sensasinya pasti dapat. Itu karena nasi serpang ini di bungkus dengan daun pisang. Yang unik lagi, porsi lauk pauk yang mendampingi nasi lumayan banyak sehingga menutup semua permukaan nasi. Lauknya sendiri terdiri atas, tahu, soon kecap, rempeyek, kerang dara serta sambel. Sensasi makan diatas daun pasti susah di lupakan.

2. Kuliner Khas Madura, Soto Mata Sapi

Kuliner Khas Madura, Soto Mata Sapi

Kuliner Khas Madura, Soto Mata Sapi Image [source]

Bayangkan, lagi mau makan soto tiba tiba lihat mata. Mana matanya gede gede pula. Pasti kalau pengalaman pertama bakal bikin syok. Itulah kalau kamu mencoba untuk mencicipi soto mata sapi kuliner ekstrim khas madura ini. tapi meskipun terdengar menyeramkan, setelah dimasukkan ke mulut rasanya bikin ketagihan kok soto matasapi ini. kamu bisa mendapatkan soto ini di daerah bangkalan. Soto mata sapi istimewa karena di masak dengan bumbu rahasia yang belum tentu bisa kamu dapat di tempat lain.

3. Kuliner Khas Madura, Nasi Petis.

 Kuliner Khas Madura, Nasi Petis.

Kuliner Khas Madura, Nasi Petis. Image [source]

Meskipun namanya nasi petis, lauk yang di pakai dalam seporsi kuliner khas madura ini bermacam macam kok. Mulai dari dendeng daging sapi, jeroan sapi, daging sapi hingga telur rebus. Sambal petisnya sendiri Cuma di pakai dalam kuah. Jadi jangan bayangkan makan Cuma lauk sambal petis saja ya ketika mencicipi nasi petis ini.

4. Kuliner Khas Madura, Topak Ladeh.

 Kuliner Khas Madura, Topak Ladeh.

Kuliner Khas Madura, Topak Ladeh. Image [source]

Namannya lagi lagi cukup aneh. Kuliner ini di masak dengan bahan kaki sapi bagian atas. Selain itu jeroan sapi juga di pakai untuk menambah citarasa makanan. yang membuat topak ladeh ini menggiurkan adalah bumbunya yang kental serta ada bumbu gudangannya. Ada juga cabe yang dimasak utuh utuh. Begitu melihat, selera makan mu pasti bakal langsung terpancing.

5. Kuliner Khas Madura, Lorjuk.

Kuliner Khas Madura, Lorjuk.

Kuliner Khas Madura, Lorjuk. Image [source]

Soal seafood, madura juga punya kuliner istimewa lho. ya, masyarakat di pesisir utara madura lihai dalam mengolah lorjuk. Lorjuk ini sendiri merupakan sejenis keranh yang cangkangnya memipih kaya telinga. Ketika diambil, tubuh kerang memanjang dan berwarna putih. Diolah denga bumbu khas serta pedas, lorjuk bakal membuat kamu pengen makan dan makan lagi.

Itulah 5 kuliner alternatif madura selain sate. Dari kelima makanan tersebut adakah yang sudah pernah kamu coba?

No more articles