Sudah banyak riset mengatakan bahwa puasa adalah sebagai penyembuh ajaib. Ini dikarenakan fakta kondisi fisik yang justru pulih karena melakukan puasa. Banyak orang telah meyakini bahwa dengan berpuasa dapat memberikan keajaiban bagi tubuh manusia terutama untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Kamu tentu tahu setiap orang yang akan melakukan operasi pasti di sarankan untuk melakukan puasa. Itulah mengapa puasa dikatakan sangat bermanfaat. Salah satu manfaat puasa yang paling terlihat adalah peremajaan kulit tubuh serta perpanjangan harapan hidup. Hal-hal ini tentu dapat berkontribusi terhadap kesehatan secara umum. Berikut ini beberapa penyakit yang sembuh akibat melakukan puasa.

1. Obesitas

Jika kamu mempunyai berat badan lebih dari pada umumnya, sudah bisa dipastikan berarti kamu menderita diabetes. Banyak orang yang takut dengan masalah diabetes. Selain karena membuat tubuh menjadi tidak indah di lihat, obesitas juga rentan terkena penyakit. Obesitas juga dapat dikategorikan sebagai penyakit yang sangat berbahaya. Dan puasa merupakan awal yang baik untuk memulai diet yang sehat untuk menurunkan berat badanmu.

obesitas [image source]

obesitas [image source]

Apalagi saat bulan puasa, kamu tentu akan melakukan puasa seharian full. Buatlah menu makanan dan minuman pada saat sahur dan buka puasa. Tapi tentu kamu tidak boleh mengganti niat puasa ini untuk berdiet. Niatkanlah puasa memang untuk ibadah, dan kamu akan mendapatkan bonus dengan berat badanmu yang turun.

2. Diabetes

Diabetes atau biasa di sebut kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan peningkatan gula darah yang terus menerus setelah makan. Ini juga penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Dengan berpuasa, kamu akan lebih mudah dalam mengatur pola makan sehat. Hampir semua dokter menyarankan untuk melakukan puasa karena sangat baik untuk mengatur pola makan sehat. Tak hanya bagi bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit diabetes, puasa juga dapat mengurangi orang sehat terkena diabetes.

diabetes [image source]

diabetes [image source]

Puasa sangat baik untuk menstabilkan kadar gula darah, ini karena puasa memberi kesempatan kepada kelenjar pancreas untuk beristirahat. Pengobatan diabetes dengan puasa juga menunjukkan hasil yang luar biasa. Namun yang menderita diabetes tetap harus melalui mengawasan dokter ya.

3. Menurunkan Tekanan Darah

menurunkan tekanan darah [image source]

menurunkan tekanan darah [image source]

Bagi yang menderita tekanan darah tinggi dan disertai dengan kelebihan berat badan sangat dianjurkan untuk melakukan puasa. Puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tapi bagi mereka yang minum obat, tentu harus berkonsultasi kepada dokter sesuai dengan dosis obatnya. Tapi bagi yang menderita hipertensi disarankan untuk tidak berpuasa.

4. Kolesterol Tinggi

kolesterol tinggi [image source]

kolesterol tinggi [image source]

Beberapa penelitian lain juga menjabarkan bahwa manfaat puasa dapat mengurangi resiko stroke. Selain itu puasa juga dapat memperbaiki kolesterol darah. Kadar kolesterol yang tinggi pada darah dalam jangka waktu yang lama akan menyumbat pembulu darah. Dan bila hal ini terjadi pada otak akan berakibat stroke. Dan apabila terjadi di jantung dapat mengakibatka serangan jantung. Jika setiap hari orang yang menderita ini melakukan puasa, akan dapat menurunkan lemak.

5. Maag

maag [image source]

maag [image source]

Kita semua pasti tahu penyakit ini disebabkan karena adanya luka atau peradangan pada lambung dan biasanya ditandi dengan gejala perih pada ulu hati, mual, muntah, cepat kenyang, sering bersendawa, nyeri pada dada dan mulut terasa pahit. Untuk itu sangat disarankan bagi yang mempunyai riwayat maag untuk mengatur pola makan. Kita mungkin sering takut jika berpuasa akan menyebabkan maag itu kambuh. Tapi nyatanya, puasa dapat menyembuhkan penyakit maag. Pada saat puasa, seseorang tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam, yang berarti sistem pencernaan tubuh tidak akan menerima makanan dan minuman.

Para ilmuan menemukan bahwa ketika pasien tidak makan dalam jangka waktu yang lama, jumlah sel darah putih akan menurun. Hal ini juga akan menyebabkan perubahan yang memicu regenerasi sel berdasarkan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Well guys itu tadi beberapa penyakit yang bisa sembuh karena melakukan puasa. Puasa sangat baik untuk kesehatan. Maka tak heran disemua agama juga sangat mengajurkan untuk melakukan puasa. Semoga bermanfaat ya..

No more articles