Allah SWT menurunkan Al Qur’an sebagai pedoman hidup bagi umat Muslim. Karena di dalam Al Qur’an terdapat banyak hal yang kemudian menjadi sumber hukum dan ajaran dari agama Islam. Dan agama Islam adalah Rahmatan Lil’alamin, Rahmat bagi Semesta Alam, serta merupakan agama penyempurna dari agama-agama Allah sebelumnya.

Al Qur’an diturunkan pada Rasulullah Muhammad SAW, yang kemudian Allah tunjuk beliau sebagai Rasul terakhir atau akhir zaman.Dimana artinya tak ada lagi kerasulan setelah beliau, dan bahwa ajaran yang beliau bawa adalah yang paling sempurna, karena menyempurnakan ajaran Nabi dan Rasul yang sebelum-sebelumnya.Al Qur’an sendiri mengandung banyak hal di dalamnya, dari semua aspek kehidupan terkandung di dalamnya.

Mulai dari amsalah paling kecil hingga sangat besar. Mulai dari awal penciptaan manusia, proses terbentuknya bayi dalam kandungan, sampai pada proses kematian dan gambaran akhirat yang kekal kelak. Hal ini jelas menunjukkan bahwa Al Qur’an memang merupakan sumber dari segala sumber dalam ajaran Islam, semua mengacu pada isi Al Qur’an, yang memang adalah kehendak dan perintah dari Allah, mana yang diwajibkan, disunnahkan, dilarang, diharamkan, dan sebagainya.

Nah, berikut ini adalah rahasia besar yang terkandung dalam Al Qur’an yang sewajibnya memang umat Muslim ketahui dengan sangat jelas, karena jika semua umat Muslim memahami betapa besar kebutuhan manusia kepada Al Qur’an sebagai pedoman hidup, maka tak aka nada satu pun yang sesungguhnya mau meninggalkannya walau sejenak saja.

1. Al Qur’an Berisi Perintah dan Larangan yang Disempurnakan dengan Sunnah Rasulullah SAW

Allah meberikan banyak aturan atau pedoman hidup pada umat Manusia di dalam Al Quran dengan sangat jelas. Misalkan bagaimana manusia harus bertindak dalam kehidupan, apa yang Dia larang dan apa yang Dia perintahkan. Nah, aturan yang langsung dari Allah ini kemudian disempurnakan dalam masalah tata caranya oleh sunnah atau sabda dari Rasulullah SAW. Misalnya saja, dalam Al Qur’an Allah jelas memerintahkan semua umat Manusia untuk menyembahNya dengan sholat, hukum dari sholat ini adalah wajib, maka umat Manusia sudah tak boleh meninggalkannya kecuali dia telah mati.

alquran-dg-bunga1

Al Qur’an Berisi Perintah dan Larangan yang Disempurnakan dengan Sunnah Rasulullah SAW [ Image Source ]

Kemudian Rasulullah SAW melengkapi perintah mutlak Allah tersebut dengan memberikan contoh atau teladan, bahwa seseorang yang boleh menghadap Allah adalah dia yang suci dari hadas kecil maupun besar, serta tentunya yang telah bersyahadat bahwa tiada Allah selain Allah, dan Rasulullaah Muhammad SAW adalah utusan Allah.Serta Rasulullah juga menyampaikan tata cara sholat yang kemudian diikuti oleh semua umat Muslim sampai akhir jaman kelak.

2. Al Qur’an Berisi Kabar Gembira dan Ancaman

Dalam Al Qur’an Allah banyak menggambarkan bagaimana hidup sesudah kiamat atau mati kelak. Kehidupan di Akhirat yang sejatinya adalah kekekalan bagi manusia. Ada penggambaran indah bagi mereka yang beriman dan bertakwa kepada Allah maka keindahan, kenikmatan, dan segala kebahagiaan hidup nan kekal di syurga akan di dapatnya.

baca-al-quran

Al Qur’an Berisi Kabar Gembira dan Ancaman [ Image Source ]

Pun sebaliknya, bagi yang mendustakan Allah dan RasulNya, maka balasannya adalah perihnya siksaan neraka di Akhirat kelak.

3. Al Qur’an Berisi Hukum-hukum Allah yang Nilainya Mutlak

Dalam Al Qur’an telah terkandung banyak aspek yang melengkapi kehidupan ini. Allah telah mengaturnya dengan sangat rapi dan terperinci, diharapkanNya bahwa hambaNya mampu dan pandai dalam memahami setiap hukumnya sehingga mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

alquran-e1400206138508

Al Qur’an Berisi Hukum-hukum Allah yang Nilainya Mutlak [ Image Source ]

Ada hukum tentang pernikahan, perceraian, warisan, zakat, sholat, muamalah atau perdagangan, utang piutang, ukhuwah atau persaudaraan, perwalian, dan semuanya. Ya, semua dalam kehidupan ini sesungguhnya telah Allah atur di dalam Al Qur’an.

4. Dalam Al Qur’an Banyak Terkandung Kisah Hikmah dari Orang Terdahulu

Di dalam Al Qur’an juga banyak kisah dari para pendahulu yang bisa umat Muslim ambil pelajaran,dengan meneladani kebaikannya dan menjauhi yang terlarang serta buruk. Kisah dan nasehat serta do’a dari para pendahulu juga bisa dijadikan contoh bagi kebaikan, dan keburukan umat terdahulu yang Allah binasakan juga bisa diambil hikmah agar tak dilakukan lagi oleh umat sekarang.

al-quran-langkahislam.wordpress.com-as

Dalam Al Qur’an Banyak Terkandung Kisah Hikmah dari Orang Terdahulu [ Image Source ]

Nah, keempat hal tersebut seharusnya menjadi alasan kuat semua umat Muslim di seluruh dunia ini, bahwa tak ada yang lebih indah dari Al Qur’an yang Allah turunkan kepada hambaNya agar hambaNya tak salah arah. Tinggal manusianya, mau mengikuti jalan Allah atau mengingkarinya.

Lihatlah dan dengarkan, bahasa Al Qur’an adalah bahasa arab tingkat tinggi dan tak ada yang mampu berkomunikasi dengan bahasa seindah itu sampai kiamat kelak. Karena apa? Karena bahasa indah itu hanya milik Allah semata.

No more articles