Menyelam dan rasa cemas? Biasanya sih menyelamnya yang jadi penyebab munculnya rasa cemas bagi para penyelam pemula. Tapi ternyata menyelam merupakan salah satu aktifitas yang paling ampuh untuk mengusir rasa cemas lho. seperti kita alamai sendiri, di jaman yang serba rumit ini rasa cemas bisa muncul kapan saja. penyebab munculkan kecemasan pun bisa bermacam macam. Mulai dari memikirkan utang, pacar yang enggak balas balas chat wa sampai tugas tugas kantor yang belum selesai.

Wow, Menyelam Ternyata Bisa Jadi Solusi Paling Jitu Untuk Mengatasi Rasa Cemasmu Lho, Ini Penjelasan Ilmiahnya.

Wow, Menyelam Ternyata Bisa Jadi Solusi Paling Jitu Untuk Mengatasi Rasa Cemasmu Lho, Ini Penjelasan Ilmiahnya. Image [source]

Ketika penyebab rasa cemas tersebut belum hilang aktivitas sederhana seperti tidur, makan atau bahkan istirahat pun jadi terganggu. Tak heran banyak orang yang terus terjerumus menggunakan obat obatan terlarang untuk sekedar bisa lupa dari masalah masalah hidup pemicu rasa cemas ini. kamu jangan ikut ikutan seperti itu ya. Untuk menghilangkan rasa cemas ternyata ada cara alamai kok yaitu dengan menyelam. Bagaimana sih aktivitas menyelam bisa menghilangkan rasa cemas? Berikut penjelasan ilmiahnya.

1. Kita Punya Kemampuan Terpendam Hasil Evolusi Yang Dinamakan Reflek Menyelam.

Kita Punya Kemampuan Terpendam Hasil Evolusi Yang Dinamakan Reflek Menyelam.

Kita Punya Kemampuan Terpendam Hasil Evolusi Yang Dinamakan Reflek Menyelam. Image [source]

Manusia pada dasarnya merupakan mamalia juga. kita merupakan golongan mahluk hidup dilahirkan dan menyusu. Kita terbiasa hidup di lingkungan darat yang sekitarnya di penuhi dengan udara. Beda dengan beberapa makhluk hidup lain yang lingkungannya di dalam perairan. Udara tekanannya jauh lebih keceil dari pada di air. Terbiasa hidup dengan sekitarnya berupa udara kemudian tiba tiba harus nyemplung ke air memaksa tubuh kita melakukan perubahan perubahan tertentu yang dikenal dengan reflek menyelam.

2. Reflek Menyelam Serta Perubahan Perubahan Yang Terjadi Pada Tubuh Kita.

Reflek Menyelam Serta Perubahan Perubahan Yang Terjadi Pada Tubuh Kita.

Reflek Menyelam Serta Perubahan Perubahan Yang Terjadi Pada Tubuh Kita. Image [source]

Sebagai mamalia, begitu muka kita terandam air, maka tubuh kita akan memberikan respon secara reflek. Respon respon reflek tersebut antara lain: pangkal tenggorok akan menyempit, denyut jantung melambat serta pembuluh darah menyempit dan darah banyak di pusatkan di sekitar organ organ penting. reflek ini selain ada di manusia juga dimiliki oleh hewan hewan yang termasuk golonga mamalia seperti anjing laut. Anjing laut bahkan mengalami terus menerus karena mereka sering ada di dalam air.

3. Menurunnya Detak Jantung Ternyata Jadi Obat Ampuh Untuk Mengusir Rasa Cemas.

Menurunnya Detak Jantung Ternyata Jadi Obat Ampuh Untuk Mengusir Rasa Cemas.

Menurunnya Detak Jantung Ternyata Jadi Obat Ampuh Untuk Mengusir Rasa Cemas. Image [source]

Biasanya ketika pengen mendapat ketenangn dan bebas dari rasa cemas, ada banyak orang yang melakukannya dengan bermeditasi atau bersemedi. Aktivitas bermeditasi ini ternyata bisa menurunkan detak jantung juga. tapi agar berhasil mengusir rasa cemas dengan bermeditasi tentu butuh latihan lama. Beda dengan aktivitas menyelam yang begitu muka terandam, kita jadi mendapatkan efek seperti orang yang ahli dalam bermeditasi. Cuma modal nyemplung seluruh badan ke dalam air saja, tubuh kita langsung reflek menurunkan detak jantung yang imbasnya rasa cemas jadi ikut hilang. Enggak perlu minum obat penenang, tidak perlu konsumsi obat obatan terlarang ataupun sesuatu yang memabukkan.

Cukup simple kan cara untuk mengatasi rasa cemas ini. bisa jadi reflek menyelam ini juga yang jadi penyebab kenapa kita merasa lebih tenang kalau habis marah, habis tegang kemudian membasuh muka kita dengan air. Mungkin tubuh mengira kita sedang menyelam juga ya. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya suhu air sekitar 21 derajat celciusan serta usahakan tubuhmu masuk kedalam air semua termasuk muka. Kalau yang masuk ke dalam air Cuma jempol kaki saja dijamin usahamu bakal sia sia.

No more articles