Alat pembayaran sepertinya bakal terus berubah dari jaman ke jaman. Kalau dahulu alat pembayaran yang kita kenal Cuma uang, sekarang alat pembayaran bisa macam macam. Ada yang pakai kartu atm, ada yang pakai mata uang digital, hingga pakai bit koin. Transaksi yang bayar pakai pulsa juga ada lho.

Selain Uang, Berikut 5 Alat Pembayaran Paling Aneh Yang Pernah Di Pakai Manusia Sejak Jaman Dahulu.

Selain Uang, Berikut 5 Alat Pembayaran Paling Aneh Yang Pernah Di Pakai Manusia Sejak Jaman Dahulu. Image [source]

sebelum uang di pakai sebagai alat pembayaran pun, ada benda benda lain yang sudah umum di pakai untuk transaksi. Mulai dari batu sampai teh batangan. Aneh kan? berikut ini 5 alat pembayaran paling aneh selain uang yang pernah di pakai manusia.

1. Kulit Berang Berang.

Kulit Berang Berang.

Kulit Berang Berang. Image [source]

Jaman dahulu, kulit binatang itu merupakan bahan pakaian paling berharga. Ketika orang orang eropa bermigrasi ke amerika untuk membentuk koloni, mereka melakukan jual beli dengan kulit berang berang ini sebagai mata uangnyya. Tiap kali orang eropa pendatang butuh barang, mereka membelinya dari suku indian pakai bulu serta kulit berang berang.

2. Garam

Garam

Garam Image [source]

Garam merupakan alat pembayaran yang cukup berharga di era kerajaan romawi. Selain di pakai sebagai bumbu, garam juga di pakai untuk mengawetkan bahan bahan tertentu. Tak Cuma itu, ketika luka, garam ini juga bisa berfungsi sebagai antiseptik. Tak heran, pada jaman itu garam menjadi sesuatu yang berharga sampai sampai transaksi pun bisa di bayar pakai garam. Yang jelas bawanya bakalan susah.

3. Kokain.

Kokain.

Kokain. Image [source]

Kokain merupakan narkoba yang cukup kuat efeknya. Namun bubuk berwarna outih ini justru di jadikan alat pembayaran lho di sebagian wilayah kolumbia. Sebabnya, wilayah terebut oleh pemerintah sudah diisolasi guna mencegah penyebaran kokain. Tapi karena yang di punyai penduduk sekitar Cuma kokain, maka bubuk ini pun dijadikan alat pembayaran transaksi yang disepakati.

4. Teh Batangan.

Teh Batangan.

Teh Batangan. image [source]

Sejak abad sembilan hingga perang dunia 1, teh batangan dijadikan alat pembayaran di wilayah cina, tibet dan rusia. Daun teh di press dan dijadikan mirip batu bata. Nilai teh batangan ini naik turun tergantung kualitas dari teh batangan tersebut serta ketersediaannya. Semakin langka, nilai teh batangan semakin mahal.

5. Batu Segede Gaban.

Batu Segede Gaban.

Batu Segede Gaban. image [source]

Biasanya alat pembayaran itu berupa barang yang mudah di bawa bawa dan berukuran cukup kecil. tapi di pulau yap micronesia, alat pembayaran yang berlaku adalah batu besar segede gaban. Alasan kenapa batu besar di hargai dengan nilai tinggi adalah karena untuk mengangkat dan membawanya butuh kerja keras. Yang menjadi pertanyaan berikutnya, mau di apakan ya batu segede gaban tersebut.

6. Air Kencing.

Air Kencing.

Air Kencing. Image [source]

Ini nih yang bikin penasaran. bagaimana mungkin air kencing di jadikan alat pembayaran. Ternyata air kencing itu berharga lho di beberapa penjara luar negeri. Itu karena, di dalam penjara sering dilakukan pemeriksaan urin. Yang urinnya positif mengandung obat obatan terlarang bakal di kenai sangsi lebih berat. Oleh karena itulah, ada yang rela beli air kencing mahal mahal supaya mereka lolos dari tes urin ini. wah aneh aneh saja ya.

No more articles