Di bidang teknologi mungkin indonesia kalah dengan amerika, rusia ataupun jepang. Demikian juga di bidang ekonomi. banyak negara negara lain yang lebih makmur dari indonesia. namun di bidang militer, banyak bukti bahwa kita ternyata memiliki keunggulan. Ini tampak dari seringnya militer kita menang dalam berbagai kompetisi tingkat dunia bersama tentara tentara dari negara lain. bahkan negara negara tetangga seperti kamboja dan malaysia pun minta tentara indonesia untuk melatih tentara tentara mereka latihan menembak.

Ini Deretan Senjata Dan Kendaraan Militer Produksi Indonesia Yang Enggak Kalah Canggih Dengan Negara Lain

Ini Deretan Senjata Dan Kendaraan Militer Produksi Indonesia Yang Enggak Kalah Canggih Dengan Negara Lain Image [Source]

Tak hanya personil tentaranya saja yang unggul, di segi persenjataan ternyata militer indonesia juga punya banyak keunggulan. Itu karena selain mahir memngoperasikan senjata militer indonesia juga sudah bisa memproduksi sendiri berbagai macam senjata dan kendaraan militer. Ada senapan, tank, pesawat hingga helicopter yang telah di produksi oleh militer indonesia. senjata senjata serta kendaraan militer yang di produksi oleh indonesia ini bukanlah senjata ecek ecek. Kecanggihan teknologinya telah diakui oleh negara negara lain. banyak juga negara yang berniat membeli persenjataan militer produksi indonesia ini. apa saja sih senjata serta kendaraan militer yang telah berhasil di produksi oleh indonesia tersebut baik melalui PT Pindad maupun PT DI? Seberapa pula kecanggihan alutsista militer produksi dalam negeri ini? berikut informasi lengkapnya.

1. Pesawat Militer CN-295.

Pesawat Militer CN-295.

Pesawat Militer CN-295. Image [Source]

Pesawat militer yang satu ini spesifikasinya cukup gahar. Mempunyai panjang 24 meter dan lebar sayap 25 meter, pesawat militer CN-295 mampu mengangkut 71 personil tentara dan beban seberat 9.250 Kg. Pesawat ini memakai mesin PW127G Turboprop yang baru di perkenalkan tahun 1998 lalu. Di banderol dengan harga USD 28 juta dolar, pesawat CN-295 merupakan hasil kerja sama antara PT DI dengan PT Airbuss Millitary.

2. Heli Militer EC-725

Heli Militer EC-725

Heli Militer EC-725 Image [Source]

Eurocopter EC-725 supercougar sejatinya merupakan helicopter rancangan PT Airbuss Milltery. Tapi PT dirgantara Indonesia mendapatkan lisensi untuk merakitnya di dalam negeri. Spesifikasi helicopter militer yang satu ini juga tidak kalah sangar. Mempunyai panjang 19 meter dan tinggi 4.5 meter heli ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 29 orang. mampu menempuh jarak 723 mill dan tahan mengudara selama 6.3 jam. helicopter militer EC-725 mampu bergerak dengan kecepatan 285 km/jam. heli ini sekarang dimanfaatkan untuk kendaraan angkut udara militer indonesia. mesin yang di pakai oleh helicopter ini adalah 2 buah turbomeca Makila 2A1.

3. Heli Militer NAS332

Heli Militer NAS332

Heli Militer NAS332 Image [Source]

Helicopter ini memiliki bobot 4.627 Kg dan mampu mengangkut muatan hingga berat total lepas landasnya mencapai 8.600 kg. Dibekali dengan mesin 2 turbomeca Makila 1A1 motor turbin, helicopter NAS332 selain mampu mengangkut 24 penumpang juga masih sanggup bermanuver lincah. Mampu bergerak dengan kecepatan 278 Km/jam dengan ketinggian maksimal 7200 meter serta jarak maksimal 831 km.

4. Senapan Pindad

Senapan Pindad

Senapan Pindad Image [Source]

Selain kendaraan militer PT Pindad juga memproduksi berbagai jenis senapan antara lain senapan serbu, senapan sniper, senapan pistol, ravolver, senapan Sabhara, pistol profesional, magnum, peluncur Granat, dan body armor. Berbagai senjata buatan pindad ini ternyata banyak yang di pesan oleh negara negara lain. salah satu contohnya adalah senapan serbu SS-2 yang jadi langganan negara negara afrika seperti zimbabwe, Mozambik dan nigeria.

5. Kendaraan Militer Darat Panser Anoa.

 

Kendaraan Militer Darat Panser Anoa.

Kendaraan Militer Darat Panser Anoa. Image [Source]

Panser anoa merupakan kendaraan militer yang paling populer. Kendaraan ini sudah banyak di pakai olh TNI sejak tahun 2008. Menggunakan mesin renault, panser anoa sudah teruji di kawasan konflik libanon saat di pakai oleh pasukan perdamaian PBB. Panser anoa ini sudah memenuhi standar NATO level III diatas kendaraan militer serupa produksi cina dan india. PT Pindad pun selalu memperbaharui panser anoanya ini.

6. Kendaraan Militer Fast Patrol Boot

Kendaraan Militer Fast Patrol Boot

Kendaraan Militer Fast Patrol Boot Image [Source]

Kali ini PT PAL lah yang berhasil membuat kapal militer bertipe fast Patrol Boot atau kapal prang patroli cepat ini. meskipun baru produksi pertama, tapi Fast Patrol Boot Produksi indonesia tersebut sudah dilirik oleh negara lain, salah satunya adalah timor leste yang membeli 2 buah dengan harga masing masing $ 40 juta dolar. Cukup keren kan?

7. Senjata Militer kepala Roket Smoke Warhead

Senjata Militer kepala Roket Smoke Warhead

Senjata Militer kepala Roket Smoke Warhead Image [Source]

Indonesia melalui PT Sari Bahari yang ada di kota malang berhasil membuat kepala roket berjenis smoke warhead. Kualitas senjata kepala roket smoke warhead ini ternyata lebih bagus daripada produksi amerika dan rusia. Berdiameter 70 mm, kepala roket buatan indonesia ini cocok dipasang di roket pesawat sejenis super tucano.

No more articles