Tubuh manusia perlu banyak sekali asupan gizi dan vitamin guna menunjang kelancaran kerja dari semua fungsi organ tubuh. Seperti halnya dengan vitamin D yang juga diperlukan guna menjaga kesehatan tulang dan sel-sel tubuh agar bisa berfungsi secara normal sebagaimana mestinya. Untuk memenuhi dan mendapatkan asupan vitamin D tidaklah terlalu sulit, karena secara alamiah kamu sendiri bisa mencukupi kebutuhan vitamin D melalui sinar ultraviolet B (UVB) dari pancaran sinar matahari langsung di pagi hari.

Efek Samping Kelebihan Vitamin D

Efek Samping Kelebihan Vitamin D [ image source ]

Selain itu kamu juga bisa memperolehnya dari beberapa jenis makanan tertentu serta asupan melalui suplemen tambahan. Nah bicara soal vitamin D, mungkin kamu sudah sering mendengar tentang dampak negatif saat kekurangan vitamin D. Nah berikut ini adalah kebalikan dari dampak negatif bagi tubuh saat kelebihan asupan vitamin D.

1. Menyebabkan Muntah Dan Kehilangan Nafsu Makan

Menyebabkan Mual

Menyebabkan Mual [ image source ]

Dampak negatif yang akan diderita oleh orang yang kelebihan vitamin D adalah bisa mengakibatkan seseorang menjadi merasa mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah percobaan yang melibatkan 10 orang yang semuanya meminum vitamin D dosis tinggi. Dari sejumlah orang yang ada, 4 diantaranya mengalami mual dan muntah serta 3 orang lainnya menjadi kehilangan nafsu makannya.

2. Menyebabkan Gagal Ginjal

Menyebabkan Gagal Ginjal

Menyebabkan Gagal Ginjal [ image source ]

Tidak hanya menyebabkan kehilangan nafsu makan, kelebihan vitamin D dalam tubuh manusia ternyata juga dapat menyebabkan seseorang terkena masalah gagal ginjal. Dalam sebuah kasus yang pernah terjadi, seseorang yang sedang diperiksa oleh dokter ternyata dinyatakan mengalami gagal ginjal akibat mengalami peningkatan kadar kalsium dalam darah akibat suntikan vitamin D yang disinyalir diberikan oleh dokter yang menangangi pasien tersebut sebelumnya.

3. Menyebabkan Sakit Perut dan Diare

Menyebabkan Diare

Menyebabkan Diare [ image source ]

Masalah pencernaan seperti sakit perut, sembelit serta diare ternyata juga bisa menjadi pertanda bahwa seseorang sedang mengalami hipervitaminosis D dalam tubuh. Hipervitaminosis D adalah merupakan kondisi dimana tubuh sedang keracunan akibat kelebihan vitamin D. Dalam kasusyang pernah terjadi anak usia 18 bulan mengalami diare, sakit perut, dan gejala lainnya setelah diberikan vitamin D3 sebanyak 50000 IU. Seorang anak laki-laki juga pernah ditemukan mengalami sembelit dan sakit perut setelah meminum suplemen vitamin D melebihi dosis yang dianjurkan.

4. Peningkatan Kalsium Dalam Darah

Menyebabkan Pusing Akibat Kelebihan Kalsium

Menyebabkan Pusing Akibat Kelebihan Kalsium [ image source ]

Mengkonsumsi vitamin secara berlebihan ternyata juga dapat memberikan dampak kepada tubuh untuk menyerap kandungan kalsium lebih tinggi dari normalnya. Pasalnya, peningkatan konsumsi vitamin D akan berbandng lurus dengan peningkatan kandungan kalsium dalam darah. Beberapa dampak negatif yang akan terjadi adalah seseorang akan mengalami gangguan pencernaan , keletihan, pusing, haus berlebih, dan peningkatan instensitas buang air kecil.

5. Menyebabkan Keropos Tulang

Menyebabkan Osteoporosis

Menyebabkan Osteoporosis [ image source ]

Meski pada faktanya vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tulang. Terlalu banyak vitamin D ternyata dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tulang yang kedepannya akan lebih mudah keropos. Pasalnya, beberapa peneliti menyatakan bahwa kelebihan kandungan vitamin D dapat menurunkan kadar vitamin K2 dalam darah. Padahal vitamin K2 sendiri sangat berperan penting daam menjaga kadar kalsium didalam tulang dan darah.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa efek samping yang akan terjadi pada tubuhmu saat kelebihan vitamin D. Namun dari beberapa kasus kejadian hipervitaminosis D, kebanyakan terjadi akibat dari mengkonsumsi atau pemberian suplemen dalam jumlah yang besar. Sehingga dengan seperti itu, berada dibawah sinar matahari dengan waktu yang lama atau mengkonsumsi makanan alami yang mengandung vitamin D bukanlah menjadi penyebab seseorang mengalami dampak dari efek negatif kelebihan vitamin D.

No more articles