Jepang merupakan sebuah negara yang bisa dikatakan lebih maju di bandingkan tetangga tetangganya di asia. Meskipun sebagai negara maju, jepang tidak pernah melupakan tradisi merekayang diwariskan oleh nenek moyang sejak jaman dahulu. Bahkan tradisi nenek moyang itulah yang menjadi salah satu faktor kenapa orang orang jepang bisa maju. Terkait dengan tradisi jepang tersebut, disana ada sebuah terapi yang dikenal dengan Shinrin yoku. Terapi ini dilakukan dengan jalan jalan di hutan selama sekitar 40 menitan.

Shinrin Yoku, Terapi Stress Ala Jepang Dengan Cara Jalan-Jalan Di Hutan

Shinrin Yoku, Terapi Stress Ala Jepang Dengan Cara Jalan-Jalan Di Hutan image [source]

Konon katanya terapi shinrin yoku ini mempu menyembuhkan stress, darah tinggi, hingga serangan jantung. Wah enak banget ya hanya jalan jalan di hutan, sumber dari segala sumber penyakit bisa sembuh? Tapi apa betul shinrin yoku ini benar benar sebuah terapi yang manjur? 2 peneliti asal jepang telah membuktikannya. Seperti apa detail pembuktian mereka terkait erapi shinrin yoku ini? simak informasinya di bawah ini.

1. Shinrin Yoku Sudah Populer Sejak Lama Di Jepang.

Shinrin Yoku Sudah Populer Sejak Lama Di Jepang.

Shinrin Yoku Sudah Populer Sejak Lama Di Jepang. image [source]

Shinrin yoku atau disebut di dunia barat di kenal dengan istilah mandi hutan ini berawal dari tradisi kuno di jepang. Tradisi ini kemudian dihidupkan lagi oleh agen pengelola hutan di jepang pada tahun 1982. Sejak saat itu shinrin yoku makin populer di masyarakat jepang.

2. Penelitian Yang Dilakukan Oleh Wanita Praktisi Shinrin Yoku Di Jepang.

Penelitian Yang Dilakukan Oleh Wanita Praktisi Shinrin Yoku Di Jepang.

Penelitian Yang Dilakukan Oleh Wanita Praktisi Shinrin Yoku Di Jepang. image [source]

Nama perempuan ini adalah Yoshifumi Mizaki. Ia adalah seorang ahli di bidang Shinrin yoku ini dan sering menjadi guide bagi orang orang yang tertarik dengan terapi shinrin yoku. Dengan tujuan untuk membuktikan khasiat dari shinrin yoku secara ilmiah, iapun melakukan penelirian. Wanita ini meneliti kadar hormon kortisol pada orang orang setelah berjalan selama 40 menit di hutan. Hasilnya, kadar hormon penyebab stress dalam tubuh orang orang tersebut ternyata lebih rendah daripada hormon kortisol pada mereka mereka yang hanya jalan jalan di laboratorium.

3. Manusia Dirancang Untuk Hidup Bersama Alam.

Manusia Dirancang Untuk Hidup Bersama Alam.

Manusia Dirancang Untuk Hidup Bersama Alam. image [source]

Yoshifumi mencoba membuat dugaan terkait manfaat jalan jalan dihutan dalam menurunkan kadar hormon penyebab stress ini. menurut sang peneliti cantik, nenek moyang manusia memang ditakdirkan hidup menyatu dengan alam. Ketika gaya hidup modern mengharuskan manusia hidup di tengah tengah gedung, maka manusia bisa stress.

4. Tumbuhan Mengeluarkan Zat Kimia Yang Berfungsi Sebagai Agen Aroma Terapi Alami.

Tumbuhan Mengeluarkan Zat Kimia Yang Berfungsi Sebagai Agen Aroma Terapi Alami.

Tumbuhan Mengeluarkan Zat Kimia Yang Berfungsi Sebagai Agen Aroma Terapi Alami. image [source]

Pernah dengar kan sesuatu yang disebut dengan aroma terapi? Orang orang kaya menghabiskan uang ratusan ribu satu jamnya untuk mendapatkan layanan aroma terapi ini di salon salon. Siapa sangka kalau ternyata, jalan jalan selama 40 menit di hutan juga punya efek yang sama. Dr Qing Li dari universitas kedokteran Nippon dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa, tanaman itu tanpa kita sadari mengeluarkan zat zat kimia tertentu ke udara sekitar. ketika diterima oleh sel sel saraf pembau dihidung, zat kimia dari tanaman tersebut membuat kita merasa lebih rilek.

5. Jalan Jalan Dihutan Meningkankan Sel NK Pada Sistem Kekebalan Manusia.

Jalan Jalan Dihutan Meningkankan Sel NK Pada Sistem Kekebalan Manusia.

Jalan Jalan Dihutan Meningkankan Sel NK Pada Sistem Kekebalan Manusia. image [source]

Sejak lahir, manusia sudah di bekali dengan sestem kekebalan. Ketika terserang virus atau kuman baru, sistem kekebalan ini juga akan melakukan penyesuaian agar tubuh bisa kebal terhadap serangan penyakit tersebut. salah datu komponen penyusun sistem kekebalan ini adalah sel NK (natural killer). Jalan jalan selama 40 menit di hutan ternyata mampu meningkatkan jumlah sel NK dalam tubuh manusia.

Dari dua penelitian tadi terbukti bahwa jalan jalan dihutan itu bisa mengurangi hormon penyebab stress serta meningkatkan sistem kekebalan kita. jika tahu bahwa terapi itu bisa semurah ini ngapain juga buang duit banyak banyak buat ke salon. Yuk tiru orang orang jepang jalan jalan dihutan.

No more articles