Menyelam merupakan cara paling asyik menjelajahi peariran. Seperti kita ketahui, 80 peren dari planet kita ini terisi air dan belum terjelajahi. Wajar sih ya karena kita kan tidak bisa bernafas dengan air. Nah untuk menjelajahi 80 persen wilayah perairan yang belum terjamah tersebut salah satunya cara ya dengan melakukan penyelaman.

Dari 6 Spot Diving Paling Berbahaya Berikut Menurutmu Mana Yang Lebih Horor.

Dari 6 Spot Diving Paling Berbahaya Berikut Menurutmu Mana Yang Lebih Horor. image [source]

Namun sayang sekali tidak semua orang bisa melakukan penyelaman. Itu karena menyelam memerlukan keahlian tertentu. Menyelam memerlukan latihan. Alasan lainnya, ketika menyelam, orang terlatihpun bisa menemui bahaya yang tidak terduga. Bingung arah, kehabisan oksigen, kehilangan kesadaran dan diserang binatang buas beracun merupakan beberapa ancaman yang bisa di temui para penyelam. Disamping itu tempat tempat yang di pakai untuk aktivitas penyelaman memang ada yang sudah menyimpan potensi bahaya dari sononya. Mau tahu lokasi lokasi penyelaman di dunia yang memang sudah berbahaya secara alami? Berikut ini daftarnya.

1. Spot Penyelaman Berbahaya Jacob’s Well Wimberley Texas.

Spot Penyelaman Berbahaya Jacob’s Well Wimberley Texas.

Spot Penyelaman Berbahaya Jacob’s Well Wimberley Texas. image [source]

Dilihat dari atas, spot penyelaman yang satu ini mungkin mirip pantai dangkal biasa dengan lantai koral. Tapi siapa sangka jika sumur yang dibatasi koral tersebut ternyata merupakan spot penyelaman paling berbahaya. Sumur di pantai dangkal tersebut bagian atasnya memang biaasa biasa saja, namun di bagian bawah terdapat 4 ruangan bawah air yang saling terhubung ileh saluran sempit. Di ruangan ke empat, lantainya di penuhi oleh kerikil dan beberapa jenis butiran endapan. Ketika arus bawah sedang kencang, kerikil serta endapan tersebut kadang berputar putar, membuat para penyelam kehilangan arah untuk kembali ke atas. Mereka jadi panik, pemakaian oksigen meningkat sehingga cadangan oksigen menipis dengan cepat. Tak kurang dari 8 penyelam meninggal di spot penyelaman jacobs well ini karena mengalami disorientasi dan kehabisan oksigen.

2. Coco Island, Spot Diving Di Costa Rica Yang Paling Berbahaya.

Coco Island, Spot Diving Di Costa Rica Yang Paling Berbahaya.

Coco Island, Spot Diving Di Costa Rica Yang Paling Berbahaya. image [source]

Spot penyelaman coco island ini bahaya karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota. Jaraknya sekitar 340 mil. Untuk sampai ke lokasi para penyelam harus menempuh 35 jam perjalanan dengan perahu. Selain jauh di coco island ini juga banya hiu hiu ganas nya. Ada hiu kepala martil, hiu putih karang serta berbagai jenis ikan berbahaya lain. meski bahaya bayak penyelam yang tertarik datang ke lokasi penyelaman ini karena disana banyak jenis hewan laut yang hidup mulai dari lumba lumba sampai penyu raksasa. Jadi dilema ya. Untuk melihat yang indah indah mungkin memang jarus melewati bahaya yang sepadan.

3. Blue Hole, Yang Ada Di Lighthouse Reef Pantai Belize, Honduras

Blue Hole, Yang Ada Di Lighthouse Reef Pantai Belize, Honduras

Blue Hole, Yang Ada Di Lighthouse Reef Pantai Belize, Honduras image [source]

Di pantai dangkal honduras, ada sebuah lubang berwarna kebiruan sedalam 145 meter. inilah yang disebut dengan blue hole. Spot penyelaman blue hole ini menyimpan berbagai jenis keanekaragaman binatang laut serta keindahan koral. Para penyelam berlomba lomba menyelam hingga sedalam mungkin untuk menjelajahi dunia dalam air yang belum terjamah. Yang membuat blue hole berbahaya selain kedalamannya adalah dinding koralnya yang terjal. Selain terjal sisepanjang dinding vertikal tersebut juga banyak stalagmid stalagmin runcing dan tajam. Selain takanan air di kedalaman para penyelam harus menghadapi juga koral koral runcing dan tajam. Kebayangkan bagaimana bahayanya?

4. Spot Penyelaman Berbahaya Cenote Esqueleto, Meksiko.

Spot Penyelaman Berbahaya Cenote Esqueleto, Meksiko.

Spot Penyelaman Berbahaya Cenote Esqueleto, Meksiko. image [source]

Dalam bahasa inggris cenote esqueleto ini artinya temple of doom atau kuil malapetaka. Lokasinya terletak di reruntuhan tulum di semenanjung yukatan meksiko yang cukup terkenal. Yang membuat spot selam ini bahaya adalah lokasinya yang dalam plus tidak ada tangga untuk turun. Satu satunya cara adalah dengan terjun. Selain itu temple of doom ini juga di bagian bawah mempunyai banyak ruang. Antara ruang ruang tersebut di hubungkan oleh terowongan terowongan yang sempit. Karena banyak ruangan tersebut banyak penyelam yang bingung arah. Muter muter dan kehabisan oksigen. Pada tahun 1996 2 orang ayah dan anak meninggal di lokasi penyelaman yang satu ini.

5. Spot Penyelaman Sinkhoke Sarang Eagle Nest Di Weeki Wache Florida.

Spot Penyelaman Sinkhoke Sarang Eagle Nest Di Weeki Wache Florida.

Spot Penyelaman Sinkhoke Sarang Eagle Nest Di Weeki Wache Florida. image [source]

Terletak di florida, spot penyelaman yang satu ini memiliki kedalaman 315 meter lebih. Pada kedalaman seperti ini penyelam dan scuba diver pro pun perlu waspada saat melakukan penyelaman. Penyebabnya, semakin dalam menyelam, si penyelam akan mengalami sindrom narcosis nitrogen. Banyak nitrigen dalam aliran daran dan di tambah dengan tekanan air yang tinggi membuat si penyelam mengalami euforia. Mirip fly karena narkoba gitu deh. Akibat mengalami narkosis ini si penyelam jadi mudah kehilangan arah dan abai akan persediaan ksigen di dalam tabung yang mereka bawa. Akibatnya banyak penyelam meninggal jarena terlalu bernafsu ingin menyelam sedalam mungkin.

6. Spot Penyelaman Samaesan Hole Di Thailand

Spot Penyelaman Samaesan Hole Di Thailand

Spot Penyelaman Samaesan Hole Di Thailand image [source]

Samaesan hole ini merupakan spot diving populer di thailand. siapa sangka kalau di balik daya pikatnya tersebut, ternyata spot ini juga menyimpan bahaya. Ada beberapa bahaya yang mengintai para penyelam di lokasi ini. bahaya pertama, dulunya lubang ini di pakai oleh militer untuk membuang limbah bom dan granat semasa perang. Jadi salah senggol dikit saja, resiko kena ledakan sangat besar. Alasan kedua, arus bawah laut di spot penyelaman yang satu ini juga cukup deras. Ada satu penyelam yang pernah terseret hingga terbawa sam=ai jauh. Alasan ke tiga, kedalaman dari lokasi selam yang satu ini mencapai 85 meter. perlu penyelam pro untuk bisa menjelajah di sini dengan aman.

No more articles