Menjelajah alam memang menyenangkan. tapi alam susah di prediksi. Dari yang semula terancana dan berjalan baik baik saja, tiba tiba kita bisa terjebak di kondisi yang kurang menguntungkan. Kehabisan bekal, tersesat atau terluka bisa jadi malapetaka ketika kita sedang sendiri dialam liar.

Tips Survival Bertahan Di Kondisi Darurat

Tips Survival Bertahan Di Kondisi Darurat Image[source]

Untuk membantumu bertahan hidup lebih lama sambil menunggu tim penyelamat, berikut ini tips tips survival yang bisa kamu terapkan di kondisi darurat tersebut.

1. Tips Menghentikan Mobil Ketika Rem Blong.

Tips Menghentikan Mobil Ketika Rem Blong.

Tips Menghentikan Mobil Ketika Rem Blong. Image [source]

Rem blong saat mengendarai mobil bisa jadi malapetaka bagi seseorang. Kalau kamu suatu saat ada pada situasi ini, jangan panik ya. Kalau rem tangan juga gagal berfungsi maka kamu bisa memakai benda benda sekitar seperti tembok atau pembatas jalan untuk memperlambat laju kendaraanmu. Caranya ya dengan menyerempet tembok atau pembatas jalan tersebut dalam arah sejajar. Cat mobilmu memang bakalan bonyok. Tapi yang penting nyawamu selamat terhindar dari benturan yang menghadang di depan.

2. Menyalakan Api Dengan Modal Baterai Dan Aluminium Foil.

Menyalakan Api Dengan Modal Baterai Dan Aluminium Foil.

Menyalakan Api Dengan Modal Baterai Dan Aluminium Foil. Image [source]

Api sangat penting jika kita ada di alam liar. selain bisa menghangatkan badan,api juga bisa mengusir beberapa binatang berbahaya. Lalu bagaimana menyalakan api jika di alam liar tidak punya korek? Ternyata kita bisa memunculkan percikan api hanya berbekal baterai dan aluminium foil lho. caranya, hubungkan kedua kutup baterai dengan aluminium foil. Bungkus permen karet juga bisa di pakai atau bungkus sebagian coklat. Ketika dua kutup baterai dihubungkan, maka akan timbul panas yang bisa membakar serpihan kayu atau kertas.

3. Tips Bertahan Jika Terseret Ombak.

Tips Bertahan Jika Terseret Ombak.

Tips Bertahan Jika Terseret Ombak. Image [source]

Bermain air di pantai memang asik. Tapi kadang ada ombak balik yang cukup kuat sehingga membuat banya pengunjung terseret. Orang yang terseret ombak seperti ini biasanya akan panik. Untuk bisa lolos kita tidak boleh panik ataupun berenang melawan arus. Berenang melawan arus hanya akan membuat kita lelah. Cara terbaik adalah merenang mengikuti arus searah garis pantai. Di satu titik, pasti arus balik akan lemah dan kita punya cukup tenaga untuk lolos.

4. Trik Mendapat Air Bersih Di Tengah Hutan.

Trik Mendapat Air Bersih Di Tengah Hutan.

Trik Mendapat Air Bersih Di Tengah Hutan. Image [source]

Di tengah hutan dan kehabisan air tentu bisa bahaya. Untuk mendapatkan air sebenarnya tidak sulit kok. Cukup bungkus rapat rapat ranting pohon yang banyak daunnya dengan plastik. Setelah di tunggu lama. Nanti di dalam plastik bakal terkumpul air dari penguapan permukaan daun. Air tersebut aman untuk langsung di minum

5. Tips Bertahan Ketika Terombang Ambing Di Perairan Yang Dingin.

Tips Bertahan Ketika Terombang Ambing Di Perairan Yang Dingin.

Tips Bertahan Ketika Terombang Ambing Di Perairan Yang Dingin. Image [source]

Tak pengen tertimpa, tapi musibah itu bisa terjadi kapan saja. salah satu musibah yang sering kita lihat adalah pesawat yang di tumpangi jatuh di perairan. Ada juka kapal terbakar dan tenggelam. Musibah seperti ini kadang membuat penumpang termbang ambing di lautan. Bermodal pelampung saja masih belum cukup karena di air, kita kehilangan panas dalam jumlah banyak. untuk bisa bertahan selama mungkin, kita harus mencegah sebisa mungkin tubuh kehilangan panas. Caranya dengan melipat lutut sampai depan dada lalu genggam erat erat. Jangan banyak bergerak sampai kamu di temukan regu penyelamat.

No more articles