Liburan memang bisa membuat pikiran segar kembali. Tapi tidak bisa di pungkiri, liburan juga butuh biaya yang banyak. seringkali keuangan kita jadi mepet sehabis liburan beberapa hari keluar kota. Entah uang habis untuk beli tiket, bayar biaya hotel atau kita kalap ketika beli souvenir. Bukannya pikiran tambah fresh bisa bisa kita justru tambah stress kalau liburannya seperti ini.

Suka Liburan Tapi Tidak Pengan Keuanganmu Terbebani Karena Sering Piknik Berikut Ini 5 Tips Mengatasinya

Suka Liburan Tapi Tidak Pengan Keuanganmu Terbebani Karena Sering Piknik Berikut Ini 5 Tips Mengatasinya image [source]

Agar tidak stress akibat uang habis setelah di pakai liburan, berikut ini5 tips untuk mengatasinya.

1. Cicil Beli Persiapan Liburan Jauh Jauh Hari.

Cicil Beli Persiapan Liburan Jauh Jauh Hari.

Cicil Beli Persiapan Liburan Jauh Jauh Hari. image [source]

Sebisa mungkin rencanakan liburan sejak jauh jauh hari. jangan liburan dadakan tanpa persiapan. Dengan merencanakan dan menentukan tanggal pasti liburan tersebut, kamu bisa nyicil membeli kebutuha kebutuhan liburan sejak jauh jauh hari. misalnya booking kamar hotel jauh jauh hari ketika ada promo, atau beli tiket pesawat jauh jauh hari ketika harga masih diskon. Dengan begitu ketika waktu liburan tiba, tinggal sedikit yang perlu di beli.

2. Menabung Tiap Minggu Buat Biaya Liburan.

Menabung Tiap Minggu Buat Biaya Liburan.

Menabung Tiap Minggu Buat Biaya Liburan. image [source]

Jika pengen liburan tanpa tercekik oleh biayanya, maka ada baiknya kamu menabung tiap minggu secara rutin untuk biaya liburan. Tak perlu besar besar. Asal rutin dan disiplin, uang pasti kumpul kok. Tapi ingat jangan diambil ambil untuk kebutuhan lain lho ya.

3. Buka Rekening Khusus Untuk Tabungan Liburan.

Buka Rekening Khusus Untuk Tabungan Liburan.

Buka Rekening Khusus Untuk Tabungan Liburan. image [source]

Menyimpan uang, kalau masih terlihat dan mudah diambil ambil itu bakal susah kumpulnya. Oleh karena itu, agar bisa banyak, kamu perlu membuat rekening khusus untuk liburan yang kalau pengen mengambil butuh upaya lebih keras. Misal, buka rekening yang lokasi atm nya jauh atau tidak udah pakai kertu atm sekalian. Dengan begitu, tabungan liburanmu akan aman.

4. Jangan Berhutang Hanya Untuk Membayar Biaya Liburan.

Jangan Berhutang Hanya Untuk Membayar Biaya Liburan.

Jangan Berhutang Hanya Untuk Membayar Biaya Liburan. image [source]

Di jaman teknologi informasi seperti sekarang ini, berhutang ini gampang banget. Banyak sekali aplikasi online yang memungkinkan kamu bisa berhutang tanpa ketemu orang. cukup upload foto selfie pegang KTP dan isi data diri. berbagai aplikasi pinjaman online pun siap mentransfer sejumlah uang pinjaman ke kamu. Tapi kalau berhutang hanya untuk liburan sebaiknya dihindari. Soalnya, bunga dari pinjaman bisa mencekik leher.

5. Ketat Dalam Menyusun Daftar Belanja Bulanan.

Ketat Dalam Menyusun Daftar Belanja Bulanan.

Ketat Dalam Menyusun Daftar Belanja Bulanan. image [source]

https://media.keepo.me/20181204012218/600×375–belanja-bulanan-e1443813659445.jpg

Kadang kita berperilaku boros secara tidak sadar. Salah satu penyebabnya ya karena kita membeli barang barang secara dadakan. ketika masuk mall misalnya, kita bisa tau tau membeli baju atau barang barang lain hanya karena jatuh cinta pada pandangan pertama. hal seperti ini tentu saja tidak baik karena barang barang tersebut belum tentu kita butuhkan. Untuk menghindari perilaku boros karena belanja dadakan seperti ini, sebaiknya kamu daftar dulu kebutuhan setiap bulan yang harus di beli.

Cukup mudah kan tips mengatur keuangan untuk keperluan liburan ini? jangan sampai kamu gagal liburan hanya karena salah dalam mengatur keuangan ya.

No more articles