Ketika membicarakan masalah kesehatan tubuh, maka olahraga sering menjadi topik utama. Olahraga memang sudah terbukti bisa menjaga tubuh supaya tetap sehat. Tak di sangka sangka, ternyata melamun juga punya manfaat kesehatan lho bagi tubuh baik dari segi fisik maupun psikis.

Tak Hanya Olahraga, Ternyata Melamun Pun Ada Manfaatnya Lho Bagi Kesehatan, Ini 5 Diantaranya.

Tak Hanya Olahraga, Ternyata Melamun Pun Ada Manfaatnya Lho Bagi Kesehatan, Ini 5 Diantaranya. image [source]

Pengen tahu apa saja sih manfaat kesehatan dari melamun ini bagi tubuh kita? berikut ini 5 diantaranya.

1. Melamun Bisa Menghilangkan Stress

Melamun Bisa Menghilangkan Stress

Melamun Bisa Menghilangkan Stress image [source]

Ketika stress, kita jadi bernafas pendek pendek dan sebagian besar otot tubuh kita menegang. Akibat bernafas pendek pendek ini, otak maupun bagian tubuh lain jadi kekurangan suplay oksigen. Akibatnya tentu banyak untuk kesehatan tubuh kita. stress pun bisa makin menjadi jadi. Namun saat kita mengkosongkan pikiran dengan melamun, secara tak sadar, nafas kita menjadi teratur kembali. Nafas yang teratur ini akan membantu semua bagian tubuh termasu otak mendapatkan suplau oksigen yang cukup sehingga stress jadi berkurang.

2. Melamun Bisa Jadi Ajang Refleksi Diri.

Melamun Bisa Jadi Ajang Refleksi Diri.

Melamun Bisa Jadi Ajang Refleksi Diri. image [source]

Dalam sehari, pasti banyak aktivitas yang kita lakukan. Dan diantara banyak aktivitas tersebut pastilah ada kesalahan yang kita perbuat baik di sadari atau tidak. Melamun bisa jadi ajang untuk refleksi diri. dengan melamun, kamu bisa menilai lagi kira kira apa yang bisa di perbaiki di hari ini sehingga besok kamu lebih efisien dalam melakukan sesuatu.

3. Melamun Membuat Otak Kita Tambah Lancar Dalam Menyelesaikan Masalah.

Melamun Membuat Otak Kita Tambah Lancar Dalam Menyelesaikan Masalah.

Melamun Membuat Otak Kita Tambah Lancar Dalam Menyelesaikan Masalah. image [source]

Ketika kita bengong, ternyata bagian otak yang berfungsi untuk kemampuan kognitif itu justru makin aktif. Tak heran banyak orang yang justru menemukan solusi dari suatu permasalahan ketika mereka sedang bengong melamun. Ketika di pikir dengan keras masalah justru buntu, tapi di tinggal melamun, solusi malah muncul dengan sendirinya.

4. Melamun Meningkatkan Kreativitas

Melamun Meningkatkan Kreativitas

Melamun Meningkatkan Kreativitas image [source]

Melamun seringkali dianggap sebagai pekerjaan yang sia sia. Namun siapa sangka jika saat melamun, otak kita justru super aktif. Ketika kita beraktivitas, bisa jadi pikiran kita terfokus untuk memikirkan apa yang sedang kita kerjakan. Kalau pekerjaan tersebut rutin kita lakukan dalam jangkja waktu berjam jam dalam satu hari, maka otak tidak punya kesempatan untuk memikirkan hal yang baru yang bisa membuat ia berkembang. Nah saat bengong inilah otak justru mendapat kesempatan untuk mengembangkan dirinya. Untuk saling terhubung dengan sesama sel otak yang lain sehngga kita lebih kreatif.

5. Meningkatkan Daya Ingat.

Meningkatkan Daya Ingat.

Meningkatkan Daya Ingat. image [source]

Saat kita melamun, beberapa kejadian yang baru terjadi pasti terlintas di kepala kita. terlintasnya kembali memori tersebut membuat nya lebih dalam tertanam di otak kita. jadi kita bisa lebih kuat dalam mengingat suatu peristiwa. Seperti kita tahu, ingatan kita itu ada dua macam. Ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang. Melamun membantu otak memindahkan ingatan dari jangka pendek ke memori jangka panjang. Jadi lebih awet kan ingatannya.

No more articles