Sesak nafas bisa menimpa siapa saja, baik orang tua maupun anak anak. Sebelumnya, gangguan kesehatan ini selalu di kaitkan dengan penyakit astma. Tarnyata sesak nafas tidak melulu di sebabkan karena asma lho. ada banyak hal.

Tak Melulu Karena Penyakit Asma, Ini 5 Gangguan Kesehatan Yang Bisa Membuatmu Sesak Nafas

Tak Melulu Karena Penyakit Asma, Ini 5 Gangguan Kesehatan Yang Bisa Membuatmu Sesak Nafas image [source]

Berikut ini 5 hal yang bisa jadi penyebab sesak nafas pada banyak orang.

1. Penyebab Sesak Nafas, Anemia

Penyebab Sesak Nafas, Anemia

Penyebab Sesak Nafas, Anemia image [source]

Selain menyebabkan mudah capek, anemia ternyata juga bisa menyebabkan sesak nafas lho. itu karena dalam darah kekurangan zat besi. Padahal zat besi ini penting untuk penyusunan haemoglobin yang fungsinya mengangkut oksigen dari paru paru ke seluruh tubuh. Untuk mengatasinya, kamu perlu memakan makanan yang banyak zat besinya seperti daging, kacang kacangan dan sayuran berdaun gelap.

2. Sesak Nafas Akibat Terlalu Gelisah.

Sesak Nafas Akibat Terlalu Gelisah.

Sesak Nafas Akibat Terlalu Gelisah. image [source]

Tidak hanya penyakit, fisik, ternyata kegelisahan juga bisa memicu terjadinya sesak nafas lho. penyebabnya stress atau kecemasan membuat otot otot yang membantu pernafasan jadi tegang. Untuk mengatasinya cukup mudah. Coba lah untuk menenagkan diri sambil duduk. Berbaring dan membuat bahu rilek juga kadang bisa membantu.

3. Alergi Bisa Menjadi Penyebab Seseorang Alami Sesak Napas

Alergi Bisa Menjadi Penyebab Seseorang Alami Sesak Napas

Alergi Bisa Menjadi Penyebab Seseorang Alami Sesak Napas image [source]

Penyebab lain dari sesak nafas adalah alergi. Seperti kita tahu alergi bisa bikin bagian tubuh tertentu bengkak bengkak. Nah kalau yang mengalami pembengkakan adalah saluran nafas, tentu kita jadi sesak napas kan. untuk mengatasinya, kita harus minta obat ke dokter atau memakai inhaler untuk mengurangi efek alergi.

4. Sesak Nafas Akibat Infeksi Paru Paru Atau Pneumonia.

Sesak Nafas Akibat Infeksi Paru Paru Atau Pneumonia.

Sesak Nafas Akibat Infeksi Paru Paru Atau Pneumonia. image [source]

Virus bisa masuk lewat makanan, atau lewat udara. Nah salah satu virus yang bisa menyebabkan sesak nafas adalah virus peneumonia. Jika terkena serangan penyakit ini, paru paru yang harusnya kering jadi banyak cairan. Akibatnya, kita jadi susah untuk bernafas.

5. Masalah gangguan sistem kekebalan tubuh.

Masalah gangguan sistem kekebalan tubuh.

Masalah gangguan sistem kekebalan tubuh. image [source]

Sistem kekebalan tubuh seharusnya melindungi tubuh dengan cara menyerang bakteri dan sel sel asing yang masuk ke dalam tubuh. Tapi ada kalanya sistem kekebalan kita salah dalam mendeteksi sehingga malah menyerang anggota tubuh kita yang masih fungsional. Kalau yang di serang adalah organ pernafasan, kitapun jadi mengalami sesak nafas deh.

Jadi kalau Kamu Sering Mengalami Sesak Nafas, Coba kira kira manakah dari kelima hal tersebut yang jadi penyebabnya. kalau dirasa sesak nafas muncul keseringan, lebih baik langsung konsutasi ke dokter ya.

No more articles