Sebagian orang yang belum paham, mungkin akan beranggapan bahwa tanpa adanya dengan organ dalam tubuh yang lengkap manusia tidak akan pernah bisa bertahan hidup. Namun tahukah kamu bahwa anggapan tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar adanya. Pasalnya, manusia ternyata masih bisa hidup meski beberapa organ dalam tubuhnya diambil. Bahkan tanpa adanya beberapa organ tubuh bagian dalam manusia masih dapat bertahan hidup dengan jangka waktu yang cukup lama. Nah, kira-kira kamu tahu nggak organ dalam apa saja yang dimaksud? Jika kamu masih penasaran dan tidak tahu jawabannya, langsung saja yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Paru-Paru

Paru-Paru

Paru-Paru [ image source ]

Manusia normal memiliki dua bagian organ paru-paru untuk bernafas, yaitu paru-paru bagian kanan dan kiri. Namun tahukah kamu ternyata manusia masih dapat bertahan hidup meski hanya dengan satu paru-paru saja loh. Kasus ini biasanya dialami oleh orang yang mengharuskan kehilangan satu bagian paru-paru akibat penyakit seperti TBC dan kanker paru-paru. Meski pada saat hanya memiliki satu bagian paru-paru manusia akan kehilangan sekitar 30 persen dari jumlah kapasitas udara normal. Memiliki satu bagian organ paru-paru tetap akan bisa membuat seseorang beraktifitas seperti biasanya.

2. Usus Besar

Usus Besar

Usus Besar [ image source ]

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa tanpa memiliki adanya usus, manusia pasti tidak akan bisa bertahan hidup. Pasalnya usus menjadi salah satu organ yang memiliki peran penting dalam mengolah makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh manusia. Namun tahu nggak kalau ternyata, meski tanpa dengan adanya usus besar manusia masih bisa bertahan hidup. Kasus ini biasanya dialami oleh orang yang terserang kanker usus, atau penyakit chrons yang membuat usus besarnya harus terpaksa di angkat. Sebagai gantinya, peran usus besar yang telah dipotong akan digantikan oleh usus halus.

3. Organ Reproduksi

Organ Reproduksi

Organ Reproduksi [ image source ]

Jika kamu pernah mendengar kasus pengangkatan rahim, seperti inilah gambaran bahwa manusia masih dapat bertahan hidup meski tanpa adanya organ reproduksi. Biasanya, wanita yang haru mengalami pengangkatan rahim adalah mereka yang mengalami masalah pada bagian rahim seperti adanya kista stadium atas hingga tumor. Nggak hanya kaum wanita saja loh yang bisa hidup tanpa bagian organ reproduksi, karena pria juga melakukan pengangkatan testis. Biasanya pria yang harus melakukan pengangkatan testis adalah mereka yang terserang penyakit kanker prostat.

4. Empedu

Empedu

Empedu [ image source ]

Empedu memiliki peran sebagai salah satu organ yang bertugas sebagai pemecah lemak dalam tubuh. Namun perlu diketahui bahwa meski tanpa dengan adanya empedu, manusia masih tetap akan hidup dengan normal. Biasanya kasus pengangkatan empedu terjadi pada kasus simana seseorang mengalami masalah seperti memiliki batu empedu yang sudah tidak bisa lagi dikeluarkan dengan jalur obat. Meski pada akhirnya peran dari empedu sebagai pemecah lemak akan tidak lagi dimiliki oleh tubuh. Kantung empedu yang sudah diangkat atau dibuang tidak membuat seseorang mengalami perubahan atau gejala apapun.

5. Lambung

Lambung

Lambung [ image source ]

Lambung adalah salah satu bagian organ terpenting yang harus dimiliki oleh manusia. Tanpa adanya lambung mungkin sebagian orang akan berpikir manusia dipastikan akan mati. Namun anggapan tersebut tidak sepernuhnya benar, karena tanpa adanya lambung manusia ternyata masih dapat bertahan hidup. Biasanya masalah pengangkatan lambung dialami oleh penderita kanker lambung. Sebagai penggantinya, saluran kerongkongan ternyata akan langsung dihubungkan dengan usus halus. Langkah penanganan seperti ini dalam dunia kedokteran sering disebut dengan prosedur gasterktomi.

6. Ginjal

Ginjal

Ginjal [ image source ]

Secara teknis organ ginjal berfungsi sebagai organ penyaring darah dalam tubuh. Sedangkan manusia sendiri ternyata masih mampu bertahan hidup meski hanya memiliki satu ginjal saja. Nah jika kamu pernah mendengar tentang donor ginjal, seperti inilah gambaran bahwa manusia masih bisa bertahan meski hanya dengan satu ginjal. selain donor ginjal, ada banyak sekali alasan seseorang harus kehilangan satu dari kedua ginjal yang dimilikinya. Yang lebih hebatnya lagi adalah, tanpa kedua ginjal manusia juga masih bisa hidup meski harus rutin untuk cuci darah.

Sahabat iyakan.com, meski kita bisa hidup tanpa dengan adanya organ tubuh diatas, tetap jaga kesehatan tubuh ya? Bagaimanapun juga memiliki organ tubuh komplit itu jauh lebih nikmat ketimbang harus kehilangannya.

No more articles