Geopark ciletuh atau taman bumi ciletuh merupakan kawasan wisata di sukabumi yang memiliki keaneka ragaman geologi, keanekaragaman hayati dan keragaman budaya. Geopark ciletuh ini ada di 8 kecamatan dan luasnya mencapai 128 ribu hektar lebih. Keindahan serta keanekaragaman geologi di objek wisata ini telah diakui sebagai geopark nasional pada tahun 20115 kemarin. Setelah beberapa tahun berbenah, akhirnya di tahun 2018 ini geopark ciletuh diakui sebagai geopark internasional yang tergabung dalam jaringan global geopark di seluruh dunia (ggn). Dengan pengakuan unecso ini maka geopark ciletuhpun menjadi destinasi wisata internasional.

Diakui Unesco Sebagai Destinasi Wisata Dunia, Ini 6 Tempat Menarik Yang Bisa Kamu Kunjungi.

Diakui Unesco Sebagai Destinasi Wisata Dunia, Ini 6 Tempat Menarik Yang Bisa Kamu Kunjungi. Image [source]

Diakui oleh unesco dan memiliki luas 128 ribu hektar tentu membuat geopark ciletuh ini istimewa. Tak hanya satu, kawasan taman bumi yang ada di sukabumi ini memiliki puluhan objek wisata. Butuh waktu hingga lebih dari seminggu juka ingin mengunjungi semua tempat wisata di geopark ciletuh ini. jika kamu hanya brkunjung beberapa hari ke sukabumi ini 7 pilihan tempat wisata di kawasan geopark cietuh yang bisa kamu datangi.

1. Puncak Darma Geopark Ciletuh

Puncak Darma Geopark Ciletuh

Puncak Darma Geopark Ciletuh Image [source]

Puncak darma ini dianggap juga sebagai primadona geopark ciletuh. Sebabnya kita bisa melihat geopark ciletuh secara keseluruhan dari puncak darma ini. pemandangan indah yang tersaji lewat puncak darma ini antara lain: laut lepas, pulau pulau kecil, garis pantai, areal persawahan serta bukit dan curug yang ada di geopark ciletuh. Namun untuk kesini butuh perjuangan. Bituh treking selama 1.5 jam jika jalan kami. Naik ojek atau sewa mobil 4 wd dengan harga Rp 60 ribu pp juga bisa.

2. Curug Cimarinjung Di Geopark Ciletuh.

Curug Cimarinjung Di Geopark Ciletuh.

Curug Cimarinjung Di Geopark Ciletuh. Image [source]

Curug ini ada di bawah puncak darma. Tempat parkir curug cimarinjing ini adalah titik awal untuk naik ke puncak darma. Curug ini ada di atas pantai palangpang dan ada di desa ciwaru. Air yang ada dicurug cimarunjung ini berasal dari aliran sungai dengan nama yang sama. Di hari hari tertentu, terdengar suara gong misterius di curug cimarinjung ini. oleh karenanya, orang setempat pun menyebutnya dengan curug goong. Selain keindahan air terjunnya, pengunjung juga akan di hibur dengan tebing tebing breksi yang indah.

3. Pantai Palangpang di Geopark Ciletuh.

Pantai Palangpang di Geopark Ciletuh.

Pantai Palangpang di Geopark Ciletuh. Image [source]

Pantai ini merupakan pintu masuk dari geopark ciletuh. Garis pantainya panjang serta luas. Pantai palangpang sering menjadi tempat dilaksanakan hajalan laut atau kegiatan budaya lain yang melibatkan banyak orang. tempat ini juga menjadi titik pendaratan olahraga pemacu andrenalin paralayang. Selain sebagai tempat bermuaranya sungai ciletuh dan sungai cimarinjung, pantai palangpang juga berfungsi sebagai pelabuhan dan tempat lelang ikan lho. tugu geopark ciletuh yang sering di pakai sebagai bacground selvie juga ada di pantai ini.

4. Tebing Panenjoan Di Geopark Ciletuh.

Tebing Panenjoan Di Geopark Ciletuh.

Tebing Panenjoan Di Geopark Ciletuh. Image [source]

Tebing panenjoan juga merupakan salah satu pintu masuk kawasan geopark ciletuh. Disini kamu bisa melihat srea geopark secara keseluruhan dari ketinggian 300 Mdpi. Di bagian pinggir di buat pagar pagar pengaman, tebing penenjoan punya banyak gardu pandang serta menara pandang. Panorama alam hijau yang ada di geopark ciletuh pun dapat kamu nikmati secara utuh. Mirip amphiteater di yunani bedanya ini lebih luas dan lebih hijau pemadangannya.

5. Curuk Sodong Di Geopark Ciletuh.

Curuk Sodong Di Geopark Ciletuh.

Curuk Sodong Di Geopark Ciletuh. Image [source]

Keunikan dari curug ini adalah adanya air terjun kembar. Dinamakan curug sodong karena di balik air terjun ada gua sodong. Gua ini terlihat kalau debit air terjunnya sedang kecil. selain ada 2 air terjun kembar, keunikan lain dari curug sodong adalah adanya batuan besar yang nangkring di bagian atas curug.

6. Curug Awang Yang Mirip Air Terjun Niagara Di Geopark Ciletuh.

Curug Awang Yang Mirip Air Terjun Niagara Di Geopark Ciletuh.

Curug Awang Yang Mirip Air Terjun Niagara Di Geopark Ciletuh. Image [source]

Sering disebut sebagi air terjun niagaranya sukabumi, curuk awang ini memiliki ketinggian 40 m dan lebarnya mencapai 60 m. Dinding dari curug terbuat dari batuan coklat purba. Kalau debit airnya lagi penuh, bakalan mirip air terjun niagaran betulan. Jarang jarang kan ada air terjun yang lebar seperti ini.
Dari tempat tempat wisata di geopark ciletuh tersebut, mana yang pengen kamu kunjungi duluan?

No more articles