Selain kanker, penyakit jantung merupakan salah satu ancaman terbesar bagi masyarakat Indonesia. Menurut lansiran data dari WHO pada tahun 2005 lalu, kematian akibat penyakit jantung di Indonesia sebesar 59,5%. Angka yang cukup dapat membuat orang mengernyitkan dahi, bukan?

Tidak perlu menjadi seorang terkenal atau kaya yang pola hidupnya tidak sehat karena selalu mengonsumi makanan atau minuman yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung atau kurangnya olahraga, orang-orang biasa pun juga dapat menjadi korban dari penyakit yang dikategorikan tidak menular ini.

Khususnya di kalangan artis dan selebritis Tanah Air, sudah banyak di antara mereka yang meninggal karena penyakit jantung. Siapa sajakah mereka? Berikut 4 di antaranya.

1. Jojon

Siapa yang tak kenal dengan salah seorang komedian terkenal dan legendaris dari Tanah Air satu ini. Jojon yang memiliki nama asli Djuhri Masdjan ini meninggal karena serangan jantung pada tanggal 6 Maret 2014, pukul 06.10 WIB.

Kematian pelawak yang terkenal dengan kumis yang ‘minim’ dan bercelana ala Charlie Chaplin itu sungguh mengejutkan banyak pihak, terutama kalangan para pelawak senior dan junior laiinya. Dia dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kebon Pedes, Bogor.

2. Deddy Dores

Seperti halnya Jojon, Deddy Dores yang memiliki nama asli Dedi Suriadi ini juga meninggal karena serangan jantung pada tanggal 17 Mei 2016 lalu. Penyanyi sekaligus pencipta lagu ini juga pernah menjadi produser dari mendiang Nike Ardilla yang terlebih dahulu mendahuluinya karena kecelakaan mobil di tahun 1995-an lalu.

[Image source republika.co.id]

[Image source republika.co.id]

Di masa hidupnya, Deddy pernah ikut merintis berdirinya sebuah grup band bernama Rhapsodia yang kemudian berganti nama menjadi Freedom of Rhapsodia di era tahun 1960-an. Dia meninggal di Rumah Sakit Premier, Bintaro, Tangerang Selatan dan dimakamkan di pemakaman keluarga Poponclot, Desa Cijeler, Situraja, Sumedang, Jawa Barat

3. Adjie Massaid

Lebih terkenal dengan nama Adjie Massaid, pria yang memiliki nama cukup panjang, yaitu Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid ini termasuk salah satu selebritis dan juga anggota DPR dari Partai Demokrat yang meninggal dunia karena serangan jantung.

[Image source tempo.co]

[Image source tempo.co]

Sebelum menjadi anggota DPR, mantan suami Reza Artamevia tersebut juga pernah menjadi seorang pemain bola di Belanda, model sampai dengan aktor. Adjie meninggal dunia di usianya yang ke 43 tahun pada tanggal 5 Februari 2011 dan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

4. Mike Mohede

Artis, selebritis dan penyanyi terkenal dari Tanah Air yang baru saja tutup usia adalah Mike Mohede. Pria bertubuh tambun ini meninggal dunia karena serangan jantung pada tanggal 31 Juli 2016 lalu. Banyak sesama musisi dan penyanyi yang kaget dengan berita kematian Mike yang dirasa sangat tiba-tiba itu.

Dikatakan mengejutkan karena menurut sang manajer, Indra, selama mendampinginya, Mike tidak memiliki riwayat penyakit yang cukup mengkhawatirkan. Namun Mike tiba-tiba ditemukan sudah meninggal dunia dengan mulut membiru pada sore hari di tanggal tersebut.

Seperti halnya rezeki dan jodoh, kematian juga merupakan salah satu misteri yang hanya diketahui Tuhan. Tidak ada seorangpun yang dapat bersembunyi, menolak apalagi berlari untuk menjauhinya. Kapan dan di manapun, semua makhluk bernyawa akan ‘menikmati’ apa yang disebut dengan kematian itu.

No more articles