Kesehatan merupakan harta yang paling berharga. Mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati. Penyebabnya adalah karena beberapa penyakit ketika sudah terlanjur parah tidak bisa dipulihkan sepenuhnya meskipun sudah memakai pengobatan yang mahal. Ketika sakit produktivitas kerja kita pun cenderung menurun. Kalau produktivitas kerja menurun tentu saja pendapatan kita juga akan menurun. Nah agar kita tidak kehilangan banyak uang, banyak waktu, serta banyak peluang diakibatkan karena kita sakit, maka kita perlu selalu menjaga kesehatan kita.

5 Tes Kesehatan Sederhana Yang Bisa Menyelamatkan Banyak Nyawa

5 Tes Kesehatan Sederhana Yang Bisa Menyelamatkan Banyak Nyawa. image [source]

Menjaga tubuh tetap sehat memang menyenangkan. Tapi untuk selalu cek kesehatan ke dokter perlu biaya mahal. Belum lagi kita harus menyisihkan waktu khusus untuk membuat jadwal bertemu dengan dokter tersebut. Tak perlu khawatir, karena sebenarnya ada metode sederhana untuk melakukan tes kesehatan tubuh kita sendiri. Tes kesehatan yang akan dibahas di bawah ini sangat sederhana dan dapat dilakukan sendiri kapan saja. Meskipun sederhana, namun tes kesehatan mandiri ini dapat menyelamatkan banyak nyawa jika di terapkan oleh banyak orang. berikut ini 5 metode tes kesehatan sederhana yang bisa kamu lakukan.

1. Tes Naik Tangga.

Tes sederhana naik tangga ini berguna untuk mengetahui bagus atau tidaknya fungsi paru-paru dan jantung. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari tangga manual yang terdiri minimal 12 anak tangga. Setelah menemukan tangga yang sesuai kriteria diatas, langkah berikutnya hanyalah sederhana. Melangkahlah menaiki tangga tersebut sambil terus menerus menguapkan kalimat “budi punya kambing kecil”. Selain kalimat itu, kamu juga bisa membuat kalimat lain yang sederhana.

Tes Naik Tangga

Jika paru-paru dan jantaung mu berfungsi dengan baik, maka kamu akan bisa mengucapkan dengan sangat mudah kalimat sederhana tersebut sembari menaiki tangga. Namun jika ternyata kamu kesulitan mengucapkan kalimat tersebut, atau dadamu merasa sesak, segera temui dokter. Jika aktivitas fisik sederhana di atas membuat kamu merasa kurang enak badan, kemungkinan besar ada penyempitan pembuluh darah (artheroshlerosis) atau jantungmu bermasalah. Pada beberapa orang kehabisan nafas akibat melakukan aktivitas fisik sederhana sering disebabkan karena ada beberapa gangguan di paru-parunya. Gangguan tersebut bisa saja asma, bronkitis, paru-paru basah ataupun kanker di paru-paru.

2. Test Gravitasi.

Eh jangan parno dulu ya mendengar kata test gravitasi. Ini tidak serumit hukum gravitasinya newton kok. Tes gravitasi ini mengukur seberapa baik tubuhmu beradaptasi akibat perubahan posisi. Jika tubuhmu kurang mampu beradaptasi dengan perubahan posisi, maka itu menandakan ada beberapa gangguan kesehatan dalam tubuhmu. salah satunya anemia. Yang kamu butuhkan dalam tes sederhana ini hanyalah stop watch ataupun handphoe yang bisa mengukur detikan.

Test Gravitasi.

Jika peralatan yang dibutuhkan sudah siap, berbaringlah di lantai atau di tempat tidur. Tetaplah berbaring selama 1 atau 2 menit. Kemudian mulailah menghidupkan stopwatch, kemudian berjalan dengan langkah yang normal. Pada umumnya orang bisa berubah posisi dari berbaring ke berdiri dalam waktu 5 detik. Pada tubuh normal tersebut, tubuh beradaptasi terhadap perubahan posisi dengan cara memompa darah menuju ke kepala. Jika setelah berdiri kamu merasa pusing, maka itu menandakan kamu mengalami gangguan kesehatan berikut ini. Gangguan pertama, kemungkinan besar kamu mengalami tekanan darah rendah. Pusing muncul akibat darah yang dipompa ke kepala kurang banyak. kemungkinan kedua, kamu mengalami dehidrasi, anemia ataupun artherosclerosis sehingga darah tidak berhasil dipompa dengan jumlah yang memadai menuju kepala.

3. Tes Kesehatan Menggunakan Pensil.

Tes ini berguna untuk mengetahui fungsi sel-sel saraf di telapak kakimu. Yang kamu butuhkan adalah pensil yang runcing di satu sisi dan datar di ujung yang satunya lagi. Cara melakukan tesnya, duduk sehingga semua telapak kakimu dapat diakses. Tutup matamu dan minta temanmu menyentuh telapak kaki dengan ujung pensil yang runcing dan ujung pensil satunya lagi yang datar secara acak. Kemudian tugasmu adalah menebak ujung pensil yang mana yang digunakan untuk menyentuh telapak kakimu. Minta temanmu untuk melakukannya di daerah telapak kaki yang berbeda. Minimal ulangi sebanyak 12 sentuhan dan catar berapa jawabanmu yang salah.

Tes Kesehatan Menggunakan Pensil.

Tes Kesehatan Menggunakan Pensil. image [source]

Orang normal akan dengan mudah membedakan mana sentuhan ujung runcing dan mana sentuhan ujung datar. Jika kamu salah tebak sebanyak 2 atau tiga kali, segera temui dokter untuk mengetahui apa ada ganguan fungsi saraf. Gangguan fungsi saraf merupakan indikator adanya berbagai macam penyakit. Penyakit yang mungkin ada pada orang yang mengalami ganguan fungsi saraf tersebut antara lain: penyakit limpa, hepatitis C, gangguan sistem kekebalan, serta penyakit lupus.

4. Tes Urin.

Tes urin ini berguna untuk mengetahui fungsi dari ginjal seseorang. Yang kamu buruhkan hanyalah satu plastik bening, atau gelas plastik bening. Pada tengah hari tampunglah urinmu di wadah plastik bening tersebut. Catat juga seberapa sering kamu buang air kecil dala hari itu. Kemudian amati penampakan dari urin tersebut.

Tes Urin.

Tes Urin. image [source]

Urin orang normal akan berwarna kuning pucat. Jika warna urinmu kuning tua, kecoklatan atau bahkan agak pink, maka tandanya ginjalmu mengalami gangguan. Langkah ke dua, coba baui urinmu sendiri. Urin normal, baunya tidak akan terlalu menyengat. kecuali kamu habis makan jengkol. Urin yang berwarna kuning gelap menandakan kamu mengalami dehidrasi. Beberapa penyakit yang mungkin ada pada tubuh orang yang urinnya tidak normal antara lain: infeksi ginjal atau kantung kemih, penyakit ginjal, diabetes atau pelebaran saluran prostat.

5. Tes Kesehatan Sederhana Dengan Ibu Jari.

Tes ini berguna untuk mengetahui bagus tidaknya pendengaranmu. Cara kerjanya gosokan permukaan ibu jari dan jari telunjukmu pelan pelan. Kemudian ankat lengan atasmu sehingga sejajar dengan telinga dan menvebtuk sudut siku-siku dengan lengan bawahmu. Terus gosok antara ibujari dan jari telunjukmu. Apakah kamu dapat mendengar suaranya. Jika tidak dekatkan tanganmu perlahan ke telinga. Hentikan ketika kamu sudah dapat mendengar suara gesekannya.

Tes Kesehatan Sederhana Dengan Ibu Jari.

Tes Kesehatan Sederhana Dengan Ibu Jari. image [source]

Orang normal akan mampu mendengar suara gesekan antara ibu jari dan jari telunjuk tersebut dalam jarak 5 inchi. Jika kamu baru bisa mendengar setelah jarak ibu jari dengan telinga kurang dari 5 inchi, maka kemungkinan kamu mengalami gangguan pendengaran. Segera temui dokter spesialis Tht untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Itulah beberapa tes kesehatan sederhana yang dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Namu nperlu di ingat ya, tes ini tetap tidak bisa menggantikan tes kesehatan yang dilakukan oleh dokter atau laboratorium klinik. Untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuhmu, kamu tetap perlu melakukan tes kesehatan oleh dokter. Ini hanya untuk mengidentifikasi potensi penyakit yang mungkin ada dalam tubuhmu. Semoga bermanfaat.

No more articles