saat bulan puasa, berbagai aktivitas sederhana termasuk tidur itupun dihitung sebagai ibadah. Namun tahukah kamu bahwa ternyata tidur siang di hari hari biasa juga merupakan sunah rasulullah saw lho. dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh HR Tabrani, dalam bahasa arab tidur siang ini dikenal dengan nama Qailulah. Dalam hadits itu Rasulullah bersabda: “ambillah tidur siang (qailulah), karena setan tidak melakukan tidur siang (qailulah)”.

Tak Banyak Yang Tahu, Ternyata Rasulullah Menganjurkan Tidur Siang Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Pun Sudah Di Buktikan Oleh Media Barat.

Tak Banyak Yang Tahu, Ternyata Rasulullah Menganjurkan Tidur Siang Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Pun Sudah Di Buktikan Oleh Media Barat. Image [source]

Nah dari hadits tersebut jelas kan bahwa ternyata tidur siang meskipun sejenak itu baik. kebaikan tidur siang ini ternyata diakui juga lho oleh media media barat. Dalam sebuah artikel yang di muat oleh cnn pada tahun 2010 misalnya dinyatakan bahwa tidur siang itu bisa meningkatkan memori seseorang. Apa lagi sih kebaikan manfaat tidur siang itu bagi tubuh kita? ini dia beberapa diantaranya.

1. Tidur Siang Bisa Meningkatkan Memori Otak Seseorang.

Tidur Siang Bisa Meningkatkan Memori Otak Seseorang.

Tidur Siang Bisa Meningkatkan Memori Otak Seseorang. Image [source]

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti barat menunjukkan bahwa tidur siang itu bisa memperkuat memori seseorang. Hebatnya lagi, tak perlu lama lama kok tidur siangnya. Cukup tidur siang selama 10 menit dan kamu bisa mendapatkan efek positif memori booster dari tidur siang ini.

2. Tidur Siang Bisa Memperkecil Resiko Orang Terkena Penyakit Jantung.

Tidur Siang Bisa Memperkecil Resiko Orang Terkena Penyakit Jantung.

Tidur Siang Bisa Memperkecil Resiko Orang Terkena Penyakit Jantung. Image [source]

Hasil penelitian yang di publikasikan di jurnal apliied physiology menunjukkan bahwa , orang yang biasa tidur siang memiliki resiko lebih kecil mengalami tekanan darah tinggi. Penyebabnya mungkin karena ketika tidur siang, posisi tubuh mendatar sehingga sistem peredaran darah sempoat istirahat dan tidak terus menerus ada dalam konsisi stress akibat perbedaan titik tekanan darah antara ujung kepala dengan ujung kaki. Kalau tekanan darah stabis maka resiko terkena serangan jantung pun menurun.

3. Tidur Siang Bisa Menurunkan Potensi Emosian.

Tidur Siang Bisa Menurunkan Potensi Emosian.

Tidur Siang Bisa Menurunkan Potensi Emosian. Image [source]

Orang kalau capek bawaanya pasti emosi. Nah dengan tidur siang ini, ternyata saraf saraf kita jadi lebih santai karena sudah sempat istirahat. Kalau sarafnya saja santai maka orang tersebut pun bisa lebih santa juga saat menghadapai berbagai persoalan hidup. Minimal tidak sampai meledak ledak lah marahnya.

4. Tidur Siang Mampu Meningkatkan Kewaspadaan.

Tidur Siang Mampu Meningkatkan Kewaspadaan.

Tidur Siang Mampu Meningkatkan Kewaspadaan. Image [source]

Para peneliti di nasa melakukan perconaan pada personil mereka. sebagian personil diminta tidur siang 40 menit sementara sebagian lain tidak. Kedua pihak tersebut kemudian diminta untuk menjalani simulasi menerbangkan pesawat ulang alik. Hasilnya ternyata pilor yang sempat tidur siang kewaspadaanya meningkat 100 persen. Kalau untuk kita kita yang hanya mengemudikan mobil atau motor sih, tidur 10 menitan cukup untuk meningkatkan kewaspadaan ini.

5. Meningkatkan Kreativitas.

Meningkatkan Kreativitas.

Meningkatkan Kreativitas. Image [source]

Otak kita itu ternyata memang menyukai tidur siang. Menurut pakar pendiri gerakan tidur siang untuk sukses, james maas, tidur siang itu bisa meningkatkan kreativitras otak seseorang. Otak jadi lebih cepat dalam memproses memori, mengingat kembali memori yang sudah terseimpan serta lebih cepat juga menyimpan informasi informasi baru.

Jadi tidur siang itu baik ya dari segi agama maupun dari segi kesehatan. Beruntuglah bagi kamu kamu yang punya kesempatan tidur siang walaupun hanya sebentar. Yang istirahat kerjanya diisi dengan main game coba pertimbangkan lagi ya kebiasaan mu tersubut.

No more articles