Dalam berteman sebaiknya kita tidak boleh pilih-pilih. Mempunyai banyak teman pastinya dapat memberikan warna tersendiri dalam hidup. Di kelilingi banyak teman memang sangat menyenangkan. Kita memiliki banyak tempat untuk berbagi sekaligus sandaran saat tertimba masalah. Teman baik sangat berpengaruh dalam membentuk sikap dan pemikaran. Untuk itu kita harus selektif dalam memilih teman.

Kamu harus pintar dalam berteman. Kenali karakter seseorang yang kita jadikan teman. Tidak semua teman bersikap baik, terkadang ada juga yang membuat jengkel atau sebal. Jika sudah seperti ini tanpa kamu sadari dia akan membawa efek negative di kehidupanmu. Dan seperti apa teman yang membawa efek negative dalam hidupmu yang harus kamu hindari, berikut ulasannya.

1. Si Kompetitif

Tidak ada yang salah jika berteman dengan seseorang yang memiliki jiwa kompetitif. Tapi jika pertemanan yang selama ini kamu jalin hanya diwarnai dengan nuansa kompetisi sebaiknya kamu hindari. Saat kamu dan temanmu hanya saling menunjukkan keunggulan masing-masing, itu tandanya hubungan pertemanan kalian sudah tidak sehat dan harus dihindari.

Kompetitif [ Image Souerce ]

Kompetitif [ Image Souerce ]

Hal ini pastinya akan memicu perseteruan yang terselubung dan tidak baik bagi perkembangan psikismu. Setiap kita melakukan sesuatu yang membuatnya terancam, dia tidak akan segan-segan mencari cara untuk menjatuhkan kita. Kompetisi memang baik, tapi memiliki teman yang selalu memandang kita sebagai pesaing daripada teman sengat tidak sehat.

2. Si Materialis

Kenapa harus menghindari tipe teman yang seperti ini? Bisa kamu bayangkan jika dia hanya datang kepadamu saat kamu memiliki uang lebih. Itu akan sangat menjengkelkan. Sebagai seorang teman pasti ada kalanya kita ingin membahagiannya, entah mungkin dengan cara mentraktirnya atau sekedar jalan bareng atau mungkin membelikan barang kesukaannya.

Materialis [ Image Source ]

Materialis [ Image Source ]

Tapi bagaimana jika kamu sedang tidak memiliki uang. Dia tidak akan ada disampingmu sekalipun kamu membutuhkannya. Dia hanya akan ada saat dia menginginkan uangmu. Dan tipe jenis ini sebaiknya harus di hindari.

3. Si Drama Queen

Jika kebanyak film, sebuah adegan yang mendramatisir akan keliatan hebat dan keren. Tapi gimana jika ada dikehidupan nyata? Rasanya sangat tidak masuk akal. Tipe teman seperti ini senang sekali mendramatisir sebuah keadaan agar ia menjadi pusat perhatian. Semua cerita yang diucapkan selalu didramatisir secara berlebihan, kamu pun akan ikut muak mendengarkannya.

Drama queen [ Image Source ]

Drama queen [ Image Source ]

Cara membungkamnya adalah dengan jangan beri perhatian lagi. Semakin di perhatikan, maka tingkah mendramatisirnya akan semakin menjadi-jadi. Jika dia teman yang baik, denga cara itu harusnya membuat dia mengerti. Tapi bila ia masih juga tidak mengerti, maka kamu harus berhenti mendengarkannya dan mulai beranjak dari sisinya.

4. Si Frenemy

Ciri-ciri seorang yang frenemy adalah ia bertindak seakan-akan seperti temanmu, tapi sebenarnya tidak. Ketika ia memujimu, selalu ada embel-embel kata yang membuat kamu ingin meninju mulutnya. Jika temanmu selalu membuatmu merasa buruk, maka ia adalah frenemy. Tipe ini pasti akan menjelek-jelekanmu di belakang begitu ada kesempatan.

Frenemy [ Image Source ]

Frenemy [ Image Source ]

Cara menyingkirkannya adalah dengan menghindari dia. Dia akan sadar jika kamu bersikap seperti itu, jika sudah sadar, maka ia tidak akan mengulanginya. Tapi jika ia tidak sadar juga, sebaiknya kamu mulai untuk beranjak meninggalkannya.

5. Si Biang Gosip

Tipe seperti ini adalah orang yang tidak bisa menyimpan rahasiamu. Jika kamu menceritakan masalah pribadimu kepadanya, kemudiah keesokan harinya ternyata banyak orang yang menanyakan apa yang terjadi padamu terkait masalah tersebut, tandanya temanmu yang kamu ceritakan masalah pribadimu tadi adalah seorang yang biang gosip. Dia hanya bisa merusak hubungan kalian. Alasan keceplosan atau tidak sengaja akan menjadi alasan andalannya dalam posisi terjepit. Jangan terlalu sering berhubungan dengannya karena bisa sangat mungkin jika kamu akan menjadi bahan gossip saat ia berkumpul dengan orang lain.

Biang gosip [ Image Source ]

Biang gosip [ Image Source ]

Jangan biasakan bergaul dengan teman yang memiliki ciri-ciri seperti di atas. Berteman sah-sah saja asal kita haru smengerti batasannya. Yang baik dari mereka ambil dan ingatlah, tapi jangan mengambil contoh dari yang buruk. Mudah-mudahan kamu tidak memiliki atau setidaknya hanya sedikit tipe teman yang seperti di atas.

Well guys, jika temanmu udah terlalu sering membuatmu jengkel, sebaiknya kamu mulai menghindarinya. Kamu pasti akan mempunyai banyak teman yang baik jika kamupun seorang pribadi yang baik. Semoga bermanfaat.

No more articles