Fotografi Saat Ini Jadi Hobi Banyak Orang. Itu Disebabkan Karena Hadirnya Ponsel Android Yang Sudah Di Bekali Dengan Kamere Beresolusi 8 Megapixel Keatas. Karena Ponsel Ini Di Bawa Kemana Mana, Maka Orang Pun Bisa Melakukan Pemotretan Dan Menghasilkan Karya Foto Kapan Saja Dan Dimana Saja.Foto Foto Yang Dijepret Dari Kamera Ponsel Android Ini Tak Jarang Diupload Semua Ke Media Sosial.

9 Tips Fotografi Menggunakan Android Agar Jepretanmu Kaya Fotografer Pro

9 Tips Fotografi Menggunakan Android Agar Jepretanmu Kaya Fotografer Pro mage [Source]

Pemiliknya Tentung Sangat Puas Dengan Semua Uploadtan Foto Tersebut. Tapi Teman Teman Yang Ada Di Jaringan Sosial Medianya Bisa Muntah Muntah Karena Foto Yang Diupload Terlalu Banyak. Apalagi Kalau Kualitas Foto Yang Dihasilkan Dibawah Standar Dan Enggak Ada Unsur Indah Indahnya. Resiko Paling Parah, Kemungkinan Besar Ia Akan Di Unfriend Olah Banyak Orang. Agar Kamu Bisa Tetep Puas Mengupload Karya Karya Foto Di Sosmed, Tapi Sekaligus Juga Bisa Menghibur Teman Dan Folowermu Di Media Sosial, Berikut Ini 9 Tips Fotografi Menggunakan Android Agar Hasilnya Kaya Jepretan Fotografer Pro. Simak Baik Baik Ya.

1. Ketahui Setingan Pada Kamera Ponsel Androidmu.

Ketahui Setingan Pada Kamera Ponsel Androidmu.

Ketahui Setingan Pada Kamera Ponsel Androidmu. mage [Source]

Langkah pertama supaya hasil fotografi menggunakan android jadi kaya pro tentu saja menguasai cara pakai kamera pada ponsel tersebut. itu karena setingan kamera default kadang tidak cukup bagus. Cari setingan kamera dan utak atik di bagian iso, ekposure, white balance dan fokus. Setelah mencoba coba dengan berbagai setingan kamu bakalan menemukan setingan kamera androidmu yang pas.

2. Pilih Setingan Resolusi Kamera Yang Tinggi.

Pilih Setingan Resolusi Kamera Yang Tinggi.

Pilih Setingan Resolusi Kamera Yang Tinggi. mage [Source]

Kualitas gambar ternyata tidak hanya tergantung resosuli kamera saja. kamera android memiliki menu untuk merubah rubah resolusi foto yang diambil. Ini mungkin berkaitan dengan penggelolaan memori. Semakin tinggi resolusi sebuah foto, memori foto yang dihasilkan pun besar dan butuh ruang penyimpanan yang besar pula. Nah jika pengen hasil foto yang bagus pilihlah setingan resolusi pada kamera yang tinggi agar hasil fotonya lebih tajam dan tidak pecah saat di perbesar.

3. Sebisa Mungkin Gunakan Kamera Belakang.

Sebisa Mungkin Gunakan Kamera Belakang.

Sebisa Mungkin Gunakan Kamera Belakang. mage [Source]

Ponsel ponsel anroid jaman sekarang rata rata punya dua kamera. Dua kamera tersebut adalah kamera depan dan kamera belakang. Kamera depan untuk video call dan selfie. Pada umumnya kamera belakang punya resolusi yang lebih bagus. Disamping itu rata rata kamera belakang ada flash nya. Beda dengan kamera depan yang rata rata megapixelnya kecil dan ada yang tanpa flash. Mengambil foto dengan kamera belakang hasilnya dijamin lebih jos daripada ketika menggunakan kamera depan. Tapi ada juga ponsel ponsel khusus selfie yang kamera depannya juga beresolusi tinggi.

4. Bersihkan Dulu Lensa Kamera Setiap Kali Mau Mengambil Foto Penting.

Bersihkan Dulu Lensa Kamera Setiap Kali Mau Mengambil Foto Penting.

Bersihkan Dulu Lensa Kamera Setiap Kali Mau Mengambil Foto Penting. mage [Source]

Sama seperti kamera lain, kamera ponsel android juga menggunakan lensa. Bedanya kalau lensa kamera biasa umumnya terlindungi dengan baik, kamera ponsel biasanya kena banyak gesekan dan debu. Itu karena kamera handphone dibawa kemana mana dan di taruh kantong tanpa perlindungan. Membersihkan lensa kamera androis sebelum mengambil foto akan membawa perbedaan yang signifikan. Coba lakukan secara rutin dan fotografi menggunakan androidmu pun akan terlihat lebih jernih.

5. Jangan Malu Untuk Menggunakan Tripod, Monopod Atau Tongkat Selfie.

Jangan Malu Untuk Menggunakan Tripod, Monopod Atau Tongkat Selfie.

Jangan Malu Untuk Menggunakan Tripod, Monopod Atau Tongkat Selfie. mage [Source]

Saat mengambil foto menggunakan android, seringkali hasilnya blur akibat posisi kamera tidak stabil waktu menjepret. Solusinya, gunakan tripot agar posisi kamera bisa stabil. Nah kalau kamu pengen selfie, gunakan monopod atau tongsis supaya kamera mendapat cukup jarak untuk mengambil seluruh wajahmu.

6. Usahakan Mengambil Foto Objek Yang Mendapatkan Cukup Pencahayaan Alami.

Usahakan Mengambil Foto Objek Yang Mendapatkan Cukup Pencahayaan Alami.

Usahakan Mengambil Foto Objek Yang Mendapatkan Cukup Pencahayaan Alami. mage [Source]

Saat mencoba untuk memotret di ruang indor, usahakan objek yang kamu potret mendapatkan pencahayaan yang alami. Bisa jadi jendela atau ventilasi. Dekatkan benda ke sumber sumber cahaya alami tersebut. dengan mendapatkan pencahayaan alami yang cukup, makanan bisa terlihat lebih lezat dan ekspresi wajah bisa tampak lebih jelas.

7. Pelajari Beberapa Aturan Penempatan Objek Dalam Dunia Fotografi.

Pelajari Beberapa Aturan Penempatan Objek Dalam Dunia Fotografi.

Pelajari Beberapa Aturan Penempatan Objek Dalam Dunia Fotografi. mage [Source]

Agar foto terlihat menarik ada beberapa aturan penempatan posisi objek utama dalam foto. Salah satu aturan yang paling populer adalah Rule Of Third. Menurut aturan ini, layar kamera di bagi menjadi 3 wilayah baik secara vertikal maupun horisontal. Hasilnya, ada 9 kotak imajiner di layar kameramu. Menurut aturan ini, objek utama yang akan difoto sebaiknya diletakkan pada pertemuan garis garis imajiner tersebut dan bukannya tepat di tengah tengahnya. Dengan mengetahui aturan ini kamu akan menghasilkan foto yang lebih menarik ketika dilihat orang lain.

8. Coba Coba Aplikasi Kamera Pihak Ketiga.

Coba Coba Aplikasi Kamera Pihak Ketiga.

Coba Coba Aplikasi Kamera Pihak Ketiga. mage [Source]

Aplikasi kamera bawaan ponsel android memang sudah cukup, namun kalau pengen menghasilkan foto yang luar biasa, kamu harus mau mencoba beberapa aplikasi kamera pihak ketiga yang ada di playstore. Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin cocok dengan apa yang kamu inginkan dari sebuah foto, misalnya saka, foto lebih terang atau ada efek frame frame tertentu.

9. Tidak Usah Malu Menggunakan Aplikasi Edit Foto.

Tidak Usah Malu Menggunakan Aplikasi Edit Foto.

Tidak Usah Malu Menggunakan Aplikasi Edit Foto. mage [Source]

Saat memasang foto di media sosial kadang ada keterangan no edit di captionnya. Seringnya pemakaian keterangan no edit dalam foto uploadtan di medsos ini mengesankan bahwa mengedit foto itu adalah sesuatu yang tabu. Padahal para fotografer pro juga selalu mengedit hasil jepretannya agar foto terlihat lebih memukau. Jadi kalau pengen fotomu bagus, jangan ragu untuk mengedit dan menancoba menerapkan berbagai macam filter. Asal tidak merubah wajahmu jadi mirip artis sepertinya pakai aplikasi edit foto itu oke oke saja.

No more articles