Bulan Ramadhan adalah bulan penuh hikmah yang kedatangannya banyak ditunggu-tunggu oleh hampir seluruh umat Islam karena dianggap sebagai bulan suci yang penuh dengan keberkahan. Membicarakan tentang keberkahan di bulan Ramadhan tahu nggak kalau selain berbuka puasa, ikut melakukan sahur ternyata juga memiliki berkah yang berlimpah meski hanya dengan seteguk air. Seperti yang dijelaskan pada hadist Al-Bukhari 4/139 dan muslim 109 yang menerangkan bahwa dari Anas bin Malik berkata, Rasululloh bersabda “Bersahurlah kalian, sesungguhnya didalam sahur itu terdapat keberkahan.”

Tips Sahur

Tips Sahur [ image source ]

Membahas tentang sahur, tahukah kamu bahwa apa yang kamu makan disaat waktu sahur ternyata sangat berpengaruh dalam menunjang aktivitasmu saat sedang berpuasa. Nah mungkin bagi kamu yang masih suka merasa lemas di waktu puasa padahal sudah ikut makan sahur. Mungkin coba deh di bulan Ramadhan nanti ikuti tips makan sahur paling tepat agar kamu kuat puasa seharian tanpa harus merasa loyo.

1. Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Makanan Berkarbohidrat Tinggi [ image source ]

Buat kamu yang ingin tetap bisa bebas dari rasa lemas akibat rasa laparmu saat menjalani puasa coba deh mulai sahur besok konsumsilah menu yang berbahan dasar karbohidrat tinggi. Salah satu alasannya tentu adalah karena selain mengandung sumber energi bagi tubuh, makanan berkarbohidrat tinggi juga tinggi kandungan serat yang dapat membantu menunda lapar lebih lama dari makanan berkarbohidrat rendah. Beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi adalah seperti nasi merah, roti gandum, oatmeal dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Makanan Berprotein

Makanan Berprotein

Makanan Berprotein [ image source ]

Makanan yang mengandung protein juga menjadi menu makan yang harus ada di waktu menu sahurmu. Secara kerjana, protein diperlukan tubuh untuk mempertahankan rasa lapar saat sedang berpuasa. Nggak hanya membantu mempertahankan rasa lapar dengan waktu yang lebih lama, protein juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi orang yang berpuasa. beberapa contoh makanan berprotein yang bisa kamu konsumsi adalah seperti tahu, tempe, kacang hijau, keju susu, telur dan yang lainnya.

3. Sayur Dan Buah-buahan

Sayur Dan Buah-buahan

Sayur Dan Buah-buahan [ image source ]

Sebagian orang beranggapan bahwa menyantap buah saat waktu sahur akan menjadikan perut gampang bermasalah. Entah apa itu tanggapanmu, yang jelas memakan buah-buahan saat sedang sahur dapat membantu mempertahankan rasa lapar saat sedang menjalankan ibadah Puasa. Selain itu, mengkonsumsi buah dan sayur juga dapat menyuplai banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh. tanpa adanya vitamin yang cukup tentu kerja seluruh orga tubuh akan mengalami penmurunan kinerja.

4. Minum Saat Sahur

Minum Saat Sahur

Minum Saat Sahur [ image source ]

Saat berpuasa, tubuh akan membutuhkan sedikit lebih banyak cairan agar seluruh organ tubuh bisa berjalan dengan optimal. Nah begitu juga saat sahur kamu juga perlu memperhatikan asupan cairan yang harus kamu sediakan untuk tubuhmu. Oleh sebab itulah, seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 hingga 3 gelas air putih saat sahur. Untuk menambah sumber energi, kamu juga boleh menyertakan minuman manis, susu, dan hindari minuman berkafein, atau minuman bersoda karena dapat mendorong tubuh untuk mengeluarkan cairan lebih banyak.

No more articles