Sedang memuat Tips Mudik Anti Ribet

Tips Mudik Anti Ribet

Mudik sudah menjadi tradisi buat setiap warga Indonesia. Di saat itulah kita memiliki momen spesial untuk berkumpul lagi bersama keluarga. Apalagi bagi mereka yang tinggal jauh dari anggota keluarga lain, momen spesial seperti ini tentu sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

Mudik akan membutuhkan persiapan yang matang. Terutama jika perjalanan mudikmu termasuk jauh dan memakan waktu hingga berjam-jam. Nah, biar nggak ribet, baca dulu persiapan mudik berikut ini.

1. Menyiapkan Barang Bawaan

Sebelum kamu mulai perjalanan mudikmu, ada baiknya membuat daftar barang bawaan terlebih dulu. Mulai dari rencana berapa lama pengen tinggal di kampung halaman, sampai oleh-oleh yang perlu kamu bawa untuk keluarga yang menunggu di rumah.

Tas
Tas

Biar nggak semua jenis barang kamu bawa, maka buat prioritas barang bawaanmu. Mulai dari yang paling penting, kurang penting, sampai nggak penting. Fungsinya adalah memastikan kamu nggak sampai kelebihan muatan. Kalau koper atau tas bawaanmu memang sudah penuh, barang-barang yang nggak penting udah nggak perlu lagi dibawa.

2. Service Kendaraan Lebih Dulu

Kalau kamu pulang dengan membawa kendaraan sendiri, pastikan untuk memeriksa kondisi mobilmu jauh-jauh hari sebelum mudik. Apalagi kalau perjalananmu mudik termasuk jauh, kamu bakal butuh kendaraan dengan kondisi yang prima.

Perbaiki Mobil
Perbaiki Mobil

Nah, akan lebih aman lagi kalau kamu langsung saja men-service kendaraanmu terlebih dulu. Jadi, kamu bisa lebih yakin motor atau mobil yang akan kamu gunakan buat mudik benar-benar dalam kondisi baik dan siap buat perjalanan jauh.

3. Perlengkapan Kendaraan Juga Harus Ada

Meski sudah selesai di-service, kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan kendaraan. Jadi, jangan lupa bawa dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan perlengkapan lainnya. Kamu juga bisa membawa sekalian sparepart cadangan seperti ban, busi, tali rem, tali kopling, dan sejenisnya.

Peralatan
Peralatan

Peralatan ini penting karena siapa tahu kendaraanmu mengalami masalah dalam perjalanan. Daripada kebingungan, bukankah lebih baik mempersiapkan diri dengan membawa perlengkapan sendiri?

4. Kotak P3K

Perjalanan jauh akan mempengaruhi kondisi fisikmu. Jadi, ada baiknya buat membawa kotak P3K yang lengkap berisi obat-obatan untuk perjalananmu nanti. Kamu bisa membawa minyak kayu putih, balsam, betadine, serta obat-obatan lainnya.

Obat
Obat

Tapi, jangan asal memasukkan semua perlengkapan obat-obatan itu tadi ya. Periksa dulu tanggal kadaluarsa obat-obatan tersebut. Nah, dengan membawa perlengkapan obat-obatan, perjalananmu juga bakal lebih aman dan nyaman.

5. Peralatan Hiburan

Saat mudik, halangan yang nggak bisa dihindari adalah kemacetan yang mengular. Setiap tahun, mudik selalu diwarnai oleh kemacetan di titik-titik tertentu. Jadi, untuk mengatasi kebosanan karena macet panjang yang memakan waktu lama, akan lebih menyenangkan buatmu untuk membawa alat-alat hiburan.

Musik
Musik

Kamu bisa membawa koleksi CD atau mengisi MP3 dengan lagu-lagu favoritmu. Bisa juga membawa buku atau game. Jadi, saat terjebak macet, kamu masih bisa menghibur diri dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan biar nggak bosan.

Nah, itulah tadi beberapa tips agar mudikmu tetap bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Hati-hati di jalan dan semoga selamat sampai tujuan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *