Setiap orang butuh uang. Salah satu cara untuk mendapatkanya adalah dengan bekerja. Tes interview atau wawancara kerja seringkali harus dilakukan oleh mereka mereka yang sedang mencari kerja. setiap ada satu lowongan pekerjaan, biasanya pelamarnya banyak. mau tak mau untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, seseorang harus bersaing.

Ini Tips Sederhana Dari Ahli Psikologi Harvard Supaya Kamu Berhasil Dalam Wawancara Kerja.

Ini Tips Sederhana Dari Ahli Psikologi Harvard Supaya Kamu Berhasil Dalam Wawancara Kerja. image [source]

Wawancara kerja sering menjadi momok bagi banyak orang. pasti kenal kan orang yang kerjaannya ikut panggilan wawancara kerja namun selalu gagal. Jika kamu adalah salah satu orang yang gagal dalam wawancara kerja, berikut ada tips sederhana dari Amy Cuddi, seorang profesor psikologi, pengajar di unibersitas Harvard.

1. Tak Perlu Berusaha Menjadi Orang Yang Paling Pintar.

Tak Perlu Berusaha Menjadi Orang Yang Paling Pintar.

Tak Perlu Berusaha Menjadi Orang Yang Paling Pintar. image [source]

Ketika sebuah perusahaan mencari karyawan, maka faktor utama yang dijadikan pertimbangan adalah apakah oran tersebut bisa di percaya? Dengan fakta ini maka kamu tak perlu berusaha terlihat pintar. tak perlu banyak banyak mengungkapkan kemampuannmu. Cukup tunjukkan bahwa kamu itu bisa di percaya. Jawab setiap pertanyaan dengan jujur, senatural mungkin tanpa perlu di buat buat. Dengan langkah sederhana ini kepercayaan si penginterbiew pun akan mulai terbentuk.

2. Jadi Dirimu Sendiri, Tak Usah Tergoda Untuk Berusaha Jadi Orang Lain.

Jadi Dirimu Sendiri, Tak Usah Tergoda Untuk Berusaha Jadi Orang Lain.

Jadi Dirimu Sendiri, Tak Usah Tergoda Untuk Berusaha Jadi Orang Lain. image [source]

Pada perusahaan besar, staff HRD bisa jadi mewancara banyak kandidat dalam sehari. Bagaimana caranya supaya mereka terkesan begitu berbicara denganmu? Satu satunya cara ya kamu harus jadi diri sendiri. tiap orang itu punya jeubukan sendiri sendiri. jika kamu andai menyajikan keunikan dirimu kepada si pewawancara, maka kemungkinan besar kamu jadi beda di dalam pandangannya. Peluang diterima pun jadi besar. Selain itu jadi diri sendiri merupakan cara yang paling mudah untuk memperoleh kepercayaan.

3. Carilah Kesamaan Antara Kamu Dengan Si Pewawancara.

Carilah Kesamaan Antara Kamu Dengan Si Pewawancara.

Carilah Kesamaan Antara Kamu Dengan Si Pewawancara. image [source]

Ketika seseorang ketemu dengan orang lain yang punya hobi sama, kota asal yang sama ataupun almamater yang sama, biasanya langsung muncul kedekatan. Untung memperbesar peluang diterima ketika wawancara, kamu perlu mencari kira kira apa ya kesamaan kamu dengan si pewawancara ini? untukmelakukannya kamu bisa melakukan sedikit penelitian dulu tentang sosok si pewawancara. Entah itu dari internet ataupun media sosial. para petinggi perusahaan kan biasanya punya akun resmi baik di linkedin ataupun penyedia profil profesional lainnya. dengan sedikit searching di internet ini, bisa jadi kamu dapat sedikit info tentang si pewawancara. Cari kesamaan antara kamu dengannya dan gunakan info tersebut untuk membangun kedekatan. Sederhana bukan?

4. Selalu Latih Kemampuanmu Dalam Berjabat Tangan, Senyum Dan Kontak Mata.

 Selalu Latih Kemampuanmu Dalam Berjabat Tangan, Senyum Dan Kontak Mata.

Selalu Latih Kemampuanmu Dalam Berjabat Tangan, Senyum Dan Kontak Mata. image [source]

Jabat tangan, senyum dan kontak mata adalah modal penting untuk memunculkan kesan pertama yang menggida ketika berinteraksi dengan orang asing. usahajan jabat tanga yang erat dan ramah dengan pewawancara. Senyum jalau bisa ya yang naturalm dari hati. Untuk bisa mengeluarkan senyum dari hari ini kamu harus bisa menemukan sisi positif yang patut di hagumi dari si pewawancara. Biasakan memberikan senyum tulus pada seseorang ya sebagai latihan. Untuk kontak mata, usahakan kamu selalu memandang mata si pewawancara ketika berbicara. Jangan sering sering tertunduk. Berani menjaha kontak mata bisa diartikan kamu itu orang yang pede dalam menyelesaikan tugas tugas.

5. Jadikan Kelemahan Sebagai Kelebihanmu Saat Wawancara.

Jadikan Kelemahan Sebagai Kelebihanmu Saat Wawancara.

Jadikan Kelemahan Sebagai Kelebihanmu Saat Wawancara. image [source]

Setia[ orang pasti punya kelemahan. Tak jarang dalam wawancara pekerjaan kelemahan seseorang akan ditanyakan. Untuk bisa menjadi kan kelemahan kita sebagai nilai tambah maka kita harus bisa mengatakannya dengan jujur. Kita juga harus bisa menunjukkan cara menangani kelemahan tersebut saat di lingkungan kerja nanti. Denga berani mengakui kelemahan dan bisa merancang solusi menangani kelemahan di lingkuan kerja nantinya, pewawancara akan memberimu point lebih.

Mudah dilakukan kan tips sukses wawancara kerja yang diberikan oleh amy cuddy ini. silahkan diterapkan dan semoga saja langsung diterima kerja ya. Kalau pun belum berhasil, jangan pernah menyerah. Masih ada ribuan perusahaan yang bida di coba.

No more articles