Hadirnya bulan ramadhan selalu menghairkan susasana tersendiri. Suasana ramadhan ini kadang sangat berkesan sehingga sedih rasanya ketika bulan yang istimewa ini mau usai. Bulan ramadhan terasa khas karena pada bulan ini, selain puasa, masyarakat juga melakukan berbagai kebiasaan yang tidak di temui di bulan bulan lain. bagi anak anak, yang paling berkesan mungkin petasan. Bagi orang tua bisa jadi kumpul kumpul dengan keluarga serta menikmati aneka takjil di pinggir jalan merupakan hal yang sulit dilupakan.

Menyambut Ramadhan Ini Tradisi Unik Dari Berbagai Daerah Di Indonesia.

Menyambut Ramadhan Ini Tradisi Unik Dari Berbagai Daerah Di Indonesia. Image [source]

Selain tradisi tradisi ramadhan yang ada di semua kota tersebut, ternyata daerah daerah tertentu punya tradisi inik tersendiri lho. apa saja sih tradisi unik di berbagai daerah di indonesia dalam rangka menyambut ramadhan ini? berikut beberapa diantaranya.

1. Tradisi Menyambur Ramadhan Di Aceh, Meugang.

 Tradisi Menyambur Ramadhan Di Aceh, Meugang.

Tradisi Menyambur Ramadhan Di Aceh, Meugang. Image [source]

Dua hari sebelum ramadhan tiba, di aceh ada tradisi menyembelih hewan ternak. Tradisi inilah yang dinamakan dengan meugang. Biasanya tradisi ini dilakukan di rumah orang tua. Anak anak sampai cucu berkumpul untuk menikmati masalah olahan daging hewan ternak tersebut. bukan hanya karena dagingnya tentu saja, yang membuat suasana jadi istimewa adalah kumpul kumpul bareng keluarganya.

2. Tradisi Menyambut Ramadhan Malamang Di Riau Sumatra Barat Dan Utara.

Tradisi Menyambut Ramadhan Malamang Di Riau Sumatra Barat Dan Utara.

Tradisi Menyambut Ramadhan Malamang Di Riau Sumatra Barat Dan Utara. Image [source]

Sudah pernah mencicipi lemang belum? Makanan khas asal sumatra barat ini sebetulnya merupakan makanan yang di buat di bulan ramadhan. Bahannya dari tepung ketan, pisang serta santan. Di riau sumatra barat dan sumatra utara, ada tradisi memasal lemang bersama sama keluarga. Tradisi ini dikenal dengan malemamng. Nantinya lemang yang dibuat dibagi bagikan kepada sanak saudara. Selain lemangnya enak di makan, hubungan persaudaraan juga makin erat.

3. Tradisi Menyambut Ramadhan Balimau Di Sumatra Barat.

Tradisi Menyambut Ramadhan Balimau Di Sumatra Barat.

Tradisi Menyambut Ramadhan Balimau Di Sumatra Barat. Image [source]

Masih di sumatra barat. Adalagi satu tradisi unik menyambut datangnya bulan ramadhan yang disebut dengan balimau. Tradisi ini berupa mandi keramas baik sendiri sendiri atau beramai ramai. Kenapa disebut balimau? Karena jaman dulu orang orang keramas pakai limau. Meskipun sekarang sudah tidak pakai limau lagi untuk keramas, tapi tradisinya masih disebut dengan balimau.

4. Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan, Jalur Pacu Di Rau.

Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan, Jalur Pacu Di Rau.

Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan, Jalur Pacu Di Rau. Image [source]

Kalau di tempat tempat lain ramadhan diisi dengan adu balap liar, maka di riau ada kebiasaan adu balap juga. bedanya masyarakatnya adu balap dengan menggunakan perahu tradisional di sungai sungai yang ada di sana. Masyarakat pun tumpah ruah menyaksikan keseruan adu balap pada tradisi yang diberi nama jalur pacu ini. pasti seru banget ya.

5. Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan, Nyorog Di Jakarta.

Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan, Nyorog Di Jakarta.

Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan, Nyorog Di Jakarta. Image [source]

Di jakarta juga ada tradisi unik menyambut bulan ramadhan. Namanya adalah nyorog. Tujuannya hampir sama seperti tradisi malemamg yang ada di sumatra yaitu menyambubg silaturahmi dengan membagi bagikan bingkisan kepada sanak saudara yang dikasihi. Isi bingkisan bisa makanan mentah atau makanan khas lebaran. Hubungan keluarga pun makin terasa dekat.

6. Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan Di Jawa Barat, Munggahan.

Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan Di Jawa Barat, Munggahan.

Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan Di Jawa Barat, Munggahan. Image [source]

Munggah artinya naik. Tradisi munggahan ini bertujuan untuk menyambut datangnya bulan yang lebih baik dari bulan sebelumnya. Harapannya kita bisa naik menuju bulan yang kualitasnya lebih tinggi yaitu bulan ramadhan. Tradisi munggahan ini diisi dengan makan bersama bareng kerabat atau teman dekat. Duduk bareng dengan banyak kerabat terus makan bersama tentu saja seru. Silaturahmi pun kembali terjalin erat.

7. Tradisi Nyadran.

Tradisi Nyadran.

Tradisi Nyadran. Image [source]

Nyadran ini dikenal di daerah jawa barat, jawa tengah, diy hingga jawa timur. Aktivitasnya berupa ziarah yang diikuti dengan kegiatan kenduri. Bisa di lakukan di aula makam atau di masjid dan mushola mushola. Orang orang membawa paket makanan dengan menu bermacam macam, nanti saling di tukarkan dengan makanan yang dibawa orang lain. anak anak pasti suka dengan aktivitas nyadran ini.

No more articles