Manusia bukanlah kadal yang ketika ekornya putus, bisa numbuh lagi. ketika kita kehilangan suatu organ, maka organ itu tidak bisa diregenerasi lagi oleh tubuh kita secara mandiri. Untunglah teknologi pengobatan modern sekarang sudah serba canggih. Tangan putus, ginjal rusak, mata rusak untuk saat ini bukanlah akhir dari segalanya. Dunia kedokteran sudah mampu menlakukan penggantian pada berbagai organ tubuh manusia yang hilang karena rusak arau karena kecelakaan.

Sulit Di Percaya, Ini 5 Transplantasi Organ Tubuh Paling Aneh Namun Berhasil

Sulit Di Percaya, Ini 5 Transplantasi Organ Tubuh Paling Aneh Namun Berhasil image [source]

Kalau biasanya transplantasi itu terbatas pada jantung dan ginjal saja, kini ada banyak kemungkinan lho organ tubuh yang bisa di transplantasi. Ini 5 transplantasi organ tubuh paling aneh tapi berhasil.

1. Transplantasi Rahim.

ransplantasi Rahim.

ransplantasi Rahim. Image [source]

Wanita memang di takdirkan untuk mengandung dan melahirkan bayi. Tapi tidaksemua wanita lho yang punya anugerah tersebut. ada juga wanita yang lahir tanpa rahim atau uterus. Salah satunya adalah wanita dari turki bernama Derya Sert. Tahun 2011, tim dokter dari rumah sakit universitas alkadenz berhasil mencangkokkan rahi, orang meninggal ke dalam perut si gadis ini. ia pun bisa menstruasi seperti orang normal dan punya peluang hamil.

2. Transplantasi Organ Kemaluan Lelaki.

Transplantasi Organ Kemaluan Lelaki.

Transplantasi Organ Kemaluan Lelaki. Image [source]

Seorang pria di cina kehilangan kemaluannya pada sebuah kecelakaan. Kondisi tersebut membuatnya susah buang air kecil serta aktivitas lainnya. tim doktr menawarkan transplantasi organ kelamin pertama di dunia. organ kelamin tersebut di dalat dari seorang pria umur 22 tahun yang otaknya mati duluan. Transplantasi sukses, namun terjadi perubahan pada bentuk kelamin yang di tranplantasikan. Si penerima dan istrinya jadi merasa stress akibat bentuk kelamin yang tidak normal tersebut. 15 hari kemudian alat kelamin kembali di lepas. Lumayan sukses karena itu adalah percobaan transplantasi kelamin pertama.

3. Transplantasi 5 Organ Sekaligus.

Transplantasi 5 Organ Sekaligus.

Transplantasi 5 Organ Sekaligus. Image [source]

Gadis kecil umur 5 tahun asal maine bernama alannah shevenel mengalami tumor yang menyerang 5 organ vital di dalam perutnya sekaligus. Tumor tersebut seperti membentuk jaring jaring dan menginveksi ke lima orban mulai dari liver, pankreas, usus halus hingga esofagusnya. Tak ada cara lain, 5 organ dalam rongga perut si gadis harus diangkat dan giganti jika ingin ia selamat. Benar saja, setelah mendapatkan donor yang cocok, operasi cangkok 5 organ sekaligus pun dilakukan peluang keberhasilannya 50 50. Perlu di rawat hingga 3 bulan di rumah sakit sehingga ia bisa pulang kerumah. Itupun ia masih harus jaga makan dan tak boleh kontak dengan sembarangan orang karena sistem kekebalannya ada masalah.

4. Tranplantasi Tangan Dan Kaki Sekaligus.

Tranplantasi Tangan Dan Kaki Sekaligus.

Tranplantasi Tangan Dan Kaki Sekaligus. Image [source]

Seorang pria asal new zaeland kehilangan tangan pada sebuah kecelakaan. Ia kemudian menjalani operasi tranplantasi tangan yang ternyata berhasil untuk pertama kalinya. September 2012, seorang laki laki yang bernama Richard mangino juga melakukan tranplantasi dua tangan dan berhasil. Seorang pasien di spalnyol, pada tahun 2008 juga sukses cangkok dua kaki secara utuh. Paling mengagumkan adalah tranplantasi yang di jalani oleh seorang pasien alal turki. Mengagumkan karena yang di tranplantasi adalah 2 tangan dan satu kaki sekaligus.

5. Transplantasi Wajah.

Transplantasi Wajah.

Transplantasi Wajah. Image [source]

Bahkan transplantasi wajah pun saat ini bisa dilakukan. Tahun 2012 misalnya, pria asal Hillsville menjalani operasi transplantasi wajah secara penuh mulai dari bibir, hidung serta bagian bagian wajah lain. bibir dan hidung pria ini sebelumnya hancur karena kecelakaan sat menggunakan senjata api. Transplantasi wajah tersebut sukses dan dalam seminggu ia bisa beraktivitas normal seperti bercukur serta sikat gigi. Sesuatu yang sejak 37 tahun lalu tidak bisa ia lakuka karena kemana mana harus pakai topeng.

Dimasa depan, kira kira apalagi ya yang bisa di tranplantasikan ke dalam tubuh manusia? Transplantasi kepa apakah mungkin?

No more articles