Sedang memuat Tips Traveling Murah Yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan Liburan Bertualang

Tips Traveling Murah Yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan Liburan Bertualang

Sebagian orang berpendapat bahwa liburan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berduit saja. Tanggapan ini terjadi karena biaya mahal yang diperlukan untuk perjalanan, sewa penginapan, dan banyak lagi.

Padahal, nggak selamanya liburan itu membutuhkan banyak biaya dan bikin kantong kering, lho. Kamu juga bisa kok liburan dengan biaya yang murah meriah tapi tetap bisa bikin kamu berpetualang ke banyak tempat. Nah, ikuti dulu tipsnya berikut ini, ya.

1. Survey dan Bikin Roadmap Dulu

Sebelum memutuskan untuk berangkat liburan, kamu perlu cari tahu dulu tentang tempat yang pengen kamu kunjungi. Dapatkan informasi selengkap mungkin mulai dari transportasinya, makanan, tempat wisatanya, dan semua hal lain yang menurut kamu wajib diketahui.

Roadmap
Roadmap

Setelah survey, selanjutnya adalah bikin roadmap yang jelas. Tentukan tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi dan susun rencana yang jelas mulai dari apa yang ingin kamu lakukan di sana, estimasi biayanya, akan menginap di mana, dan lain-lain. Jadi, kunjunganmu nanti nggak sampai terlalu melompat-lompat gara-gara kamu nggak tahu jalan.

2. Transportasi

Untuk transportasi, pilih yang paling murah. Kamu bisa pesan tiket yang sedang diskon atau ketika ada promo tertentu. Lebih baik lagi adalah jika kamu bisa membeli beberapa lama sebelum waktu keberangkatan.

Kereta Api
Kereta Api

Nggak cuma pesawat, saat naik alat transportasi lain juga pilih yang kelas ekonomi atau non AC agar lebih murah dan nggak keluar banyak biaya. Kalau memang kepanasan, kan kamu masih bisa membuka jendela agar terasa lebih segar.

3. Mencari Tempat Menginap

Sebenarnya ada banyak tempat penginapan murah yang bisa kamu manfaatkan saat berlibur. Hanya saja kadang tempat-tempat ini nggak banyak diketahui. Jadi, kamu bisa bergabung ke forum-forum atau fan page traveler dan meminta saran tempat penginapan murah yang bisa kamu tuju selama liburan.

Penginapan
Penginapan

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan menghubungi temanmu yang tinggal di kota tersebut. Kamu bisa meminta bantuan untuk numpang sementara selama kamu berlibur. Jadi, kamu bisa hemat uang penginapan.

4. Pilih Makanan yang Murah Meriah

Kalau waktu traveling kamu hanya mau makan di restoran mahal saja, ya pemborosan itu namanya. Setiap kota yang kamu kunjungi pasti punya warung-warung yang murah meriah dan menyajikan menu lezat. Nah, selama liburan kamu bisa berkunjung ke tempat makan seperti ini.

Makanan
Makanan

Nggak perlu sampai harus ke restoran besar, kadang rumah makan sederhana juga menyediakan menu-menu khas kota tersebut jika kamu memang ingin mencobanya. Jadi, kamu nggak menghabiskan banyak uang untuk makanan saat berlibur.

5. Jangan Traveling Pas Musim Liburan

Yang nggak kalah penting, sebisa mungkin hindari traveling waktu musim liburan. Nggak hanya tempat wisata jadi makin ramai, biasanya karcis memasuki tempat-tempat tersebut juga jauh lebih mahal dari hari-hari biasanya.

Jalanan sibuk
Jalanan sibuk

Kalau waktu yang kamu punya memang hanya pas liburan, maka cara yang bisa kamu lakukan adalah berkunjung ke tempat wisata yang nggak berbayar. Selanjutnya, pilah-pilah dengan saksama tempat wisata berbayar mana yang layak dikunjungi dan nggak. Jadi kamu bisa berkunjung ke yang benar-benar bagus dan layak saja.

Nah, ternyata nggak terlalu sulit juga kan liburan dengan biaya yang nggak bikin kantong kering? Jadi, kapan nih berangkat backpackeran?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *