Baru baru ini sebuah daerah di australia yang bernama rockmelon diserang wabah penyakit. Penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri listeria monococytigene. Ada 24 jenis bakteri listeria ini dan serangan infeksi bakteri ini sebenarnya cukup langka. Indonesia perlu waspada dengan penyebaran penyakit akibat infeksi bakteri langka ini sebab, banyak buah melon yang diimport dari australia di budidayakan di daerah rockmelon yang terkena wabah tersebut.

Waspadai Wabah Penyakit Listeria Yang Ada Di Melon Impor Asal Australi, Ini Beberapa Fakta Terkait Dengannya.

Waspadai Wabah Penyakit Listeria Yang Ada Di Melon Impor Asal Australi, Ini Beberapa Fakta Terkait Dengannya. Image [source]

Memang sih pemerintah kita sudah melakukan langkah pencegahan dengan menguji kandungan bakteri listeria pada melom melom yang masuk. Namun untuk jaga jaga sebaiknya kamu juga tahu tentang seperti apa sih penyakit yang disebabkan oleh bakteri listeria ini? organ apa yang diserang serta apa saja gejala gejala ketika seseorang terinfeksi? Berikut ini info lengkapnya.

1. Listeria Merupakan Bakteri Lama

 Listeria Merupakan Bakteri Lama

Listeria Merupakan Bakteri Lama Image [source]

Bakteri ini ditemukan pada tahun 1920 an. Sudah tergolong bakteri lama kan jadinya. Berbentuk menyerupai batang. Yang bikin gawat, bakteri ini mempunyai masa inkubasi 3 sampai 70 hari. masa inkubasi ini adalah masa dimana gejala penyakitnya mulai muncul dihitung dari penderita pertama kali terinfeksi. Karena masa inkubasinya lama ini, penderita tidak bisa tahu secara pasti kapan ia pertama kali diserang oleh bakeri listeria ini.

2. Gejala Penyakit Yang Timbul Ketika Seseorang Terinfeksi Bakteri Listeria.

Gejala Penyakit Yang Timbul Ketika Seseorang Terinfeksi Bakteri Listeria.

Gejala Penyakit Yang Timbul Ketika Seseorang Terinfeksi Bakteri Listeria. Image [source]

Biasanya infeksi listeria ini di tentukan melalui uji darah. Tapi ada juga gejala gejala penyakit yang bisa diamati tanpa tes darah. Gejala gejala penyakit listeria itu antara lain: leher kaku, sakit kepala, demam, muntah muntah serta mencret mencret. Semua gejala ini berlangsung selama 3 harian. Kalau infeksinya tidak parah, bakteri ini bisa diobati dengan ibuprofen, parasetamol serta banyak banyak minum. Tapi kalau sudah parah, perlu penanganan khusus dari dokter.

3. Pada Kasus Kasus Langka Serangan Bakeri Listeria Bisa Gawat.

Pada Kasus Kasus Langka Serangan Bakeri Listeria Bisa Gawat.

Pada Kasus Kasus Langka Serangan Bakeri Listeria Bisa Gawat. Image [source]

Jarang terjadi tapi serangan bakteri listeria yang parah dapat menyebabkan seseorang terkena meningitisserta sepsis.sepsis sendiri merupakan reaksi langka ketika tubuh seseorang terinfeksi bakteri. Perlawanan yang dilakukan oleh sistem kekebalan akan menyebabkan organ tertentu meradang dan terganggu fungsinya. Jika yang terganggu adalah organ organ penting maka efeknya bisa fatal. Kasus kasus parah infeksi bakteri listria ini terjadi pada mereka mereka yang sistem kekebalannya sdang lemah. Orang orang tua, anak anak balita serta ibu hamil rentan terserang penyakit ini.

4. Bahan Makanan Yang Bisa Jadi Sumber Infeksi Di Lingkungan Keluarga.

Bahan Makanan Yang Bisa Jadi Sumber Infeksi Di Lingkungan Keluarga.

Bahan Makanan Yang Bisa Jadi Sumber Infeksi Di Lingkungan Keluarga. Image [source]

Rata rata infeksi bakteri listeria berasal dari bahan makanan. seperti kita tahu saat in lagi marak berbagai jenis frozen food, makanan kemasan yang belum diolah atau juga buah buahan kupas yang sudah di kemas. Makanan mkanan ini jika pengemasanya tidak higienis maka rentan terinfeksi bakteri listeria. Apalagi kalau tidak dimasak dengan benar, resiko terkena infeksi pun makin tinggi.

5. Cara Pencegahan Infeksi Penyakit Listeria.

Cara Pencegahan Infeksi Penyakit Listeria.

Cara Pencegahan Infeksi Penyakit Listeria. Image [source]

Menyimpan daging, serta bahan makanan kemasan yang sudah dikupas sebaiknya di suhu antara 0 sampai 5 derajat celcius agar bakteri tidak bisa bergembang. Makanan makanan yang siap dimakan harus dipisahkan dengan sayur sayuran serta daging potongan. Tujuannya agar kalau ada bakteri tidak menyebar ke makanan yang siap kita makan. Langkah terakhir, ketika memasak, pastikan alat alatnya higienis. Tempat masaknya juga harus bersih tidak ada sisa sisa bahan makanan di hari sebelumnya.

Badan karantina pertanian indonesia sendiri telah mengeluarkan surat edaran berisi kewaspadaan buah rock melon dari australi ini. buah yang masuk baik utuh maupun kupas diuji terlebih dahulu. Kalau ditemukan ada infeksi bakteri langsung dimusnahkah.

No more articles