Munculnya penyakit bisa di sebabkan karena serangan bakteri atau virus. Biasanya virus lah yang mudah menyebar dan jadi pandemi di seluruh dunia. masih ingatkan dengan wabah pandemi sars, flu burung serta yang masih bertahan sampai sekarang virus hiv? Ketika wabah berakhir biasanya sampel sampel virus penyebab penyakit tersebut akan di simpan di laboratorium guna di teliti dan di cari penangkalnya.

Ngeri, Ini 5 Peristiwa Virus Ganas Bocor Dari Laboratorium Dan Jadi Wabah Penyakit.

Ngeri, Ini 5 Peristiwa Virus Ganas Bocor Dari Laboratorium Dan Jadi Wabah Penyakit. Image [source]

Meskipun punya standar opresional prosedur yang ketat, orang orang yang bekerja di laboratorium kadang juga bisa ceroboh. Berulang kali, virus virus yang sudah diamankan dan di simpan di laboratorium justru bocor saat para ahli atau petugas laboratorium melakukan penelitian. Bocornya keluar laboratorium virus virus berbahaya tersebut tentu saja mengancam keselamatan banyak orang. ada yang sudah meluas jadi wabah baru dan ada punya yang langsung di tangani sejak dini. Virus virus apa saja sih yang pernah lolos dari laboratorium dan menyebabkan kepanikan masal tersebut? berikut in 5 diantaranya.

1. Bocornya Virus HINI Keluar Laboratorium Cina Pada 1997

Pernah dengar kan keberadaan virus flu burung yang sempat menggegerkan dunia beberapa tahun silam. Penyakit flu burung yang memakan banyak korban tersebut dulu disebabkan oleh virus H5N1 yang awalnya di tularkan dari burung ke manusia. Karena tubuh manusia belum punya kekebalannya, virus tersebut pun cepat menyebar ke seluruh dunia. itu karena banyak orang keluar masuk dari satu negara ke negara lain menggunakan pesawat.

Bocornya Virus HINI Keluar Laboratorium Cina Pada 1997

Bocornya Virus HINI Keluar Laboratorium Cina Pada 1997 Image [source]

Nah ilmuwan di cina pada tahun 1997 juga hampir saja menyebabkan wabah pandemi virus flu baru. Bukan flu burung tapi vvirus flu yang berhasil lolos keluar laboratorium penelitian adalah virus H1N1 penyebab flu babi. Seperti kita tahu, manusia danbabi sama sama mamalia. Persamaan DNA nya lebih banyak dibandingkan manusia dengan burung. Virus flu babi di duga bisa lebih cepat menyebar kemanusia dibandingkan flu burung. Virus inipun kemudian tersebar ke seluruh dunia. 20 sampai 79 persen orang yang pernah bersinggungan dengan virus ini langsung terinfeksi. Untung saja penyakit yang ditimbulkan tidak parah parah banget. Tapi kalau penderita sedang lemah kekebalannya, ia bisa juga terancam kena pneumonia, serangan jantung srta masalah penafasan.

2. Peristiwa Bocornya Virus Cacar Di Inggris Pada Tahun 1963.

Peristiwa Bocornya Virus Cacar Di Inggris Pada Tahun 1963.

Peristiwa Bocornya Virus Cacar Di Inggris Pada Tahun 1963. Image [source]

Virus cacar disimpan di banyak laboratorium kesehatan inggris untuk keperluan penelitian dan memproduksi vaksin. Namun tahun 1963, tiga laboratorium karena unsur kecerobohan telah membiarkan virus ini kabur dari laboratorium. Efeknya ada 80 orang disekitar laboratorium yang meninggal akibat diserang virus ini sementara mereka belum dapat suntikan kekebalan.

3. Bocornya Virus Penyebab Radang Orak Pada Kuda (Venezuelan Equine Enchepalitis- Vee)

Bocornya Virus Penyebab Radang Orak Pada Kuda (Venezuelan Equine Enchepalitis- Vee)

Bocornya Virus Penyebab Radang Orak Pada Kuda (Venezuelan Equine Enchepalitis- Vee) Image [source]

Tahun 1995 sebuah virus menyerang 10 ribu warga venezuela dan 75 ribu warga kolombia. Sebanyak 311 orang meninggal dan 3000 orang lainnya terkena masalah saraf serius. Dari penelitian ternyata penyakit kaya deman yang diderita orang orang tersebut disebabkan oleh virus VEE yang biasa menyebabkan radang otak pada kuda sebra dan keledai. Virus yang sudah di karantina di laboratorium dan di pelajari tersebut ternyata terbawa keluar dan menginfeksi juga manusia. Untung saja, infeksinya tidak meluas hngga ke seluruh dunia ya.

4. Bocornya Virus Sars Yang Kemudian Mewabah Ke 29 Negara Di Dunia.

Bocornya Virus Sars Yang Kemudian Mewabah Ke 29 Negara Di Dunia.

Bocornya Virus Sars Yang Kemudian Mewabah Ke 29 Negara Di Dunia. Image [source]

Masih ingat kan dengan wabah SARS yang sempat mewabah beberapa tahun yang lalu? Penyakit ini cukup mengerikan. 8000 orang dari seluruh dunia terinfeksi dan 774 diantaranya meninggal dunia. setelah di teliti, ternyata virus ini berasa 6 laboratorium yang mengalami kebopcoran. Ke enam laboratorium yag sedang meneliti virus sars tersebut yang 4 berasal dari cina, sementara taiwan dan singapura masing masing menyumbang satu. Selain banyak yang meninggal, orang orang juga jadi was was ketika terbang ke luar negeri.

5. Bocornya Virus Foot And Moot Yang Menyerang Sapi Di Laboratorium Inggris.

Bocornya Virus Foot And Moot Yang Menyerang Sapi Di Laboratorium Inggris.

Bocornya Virus Foot And Moot Yang Menyerang Sapi Di Laboratorium Inggris. Image [source]

Virus foot and moot yang menyerang sapi meskipun tidak menyerang manusia tapi bisa menimbulkan kerugian materi yang banyak. tahun 2007, sebuah laboratorium yang berjarak 4 kilo dari peternakan sedang meneliti virus Foot and mouth ini. karena kurang taat pada sob, tanpa sengaja seorang peneliti membawa virus ini keluar laboratorium. Hasilnya sebanyak 278 sapi mati karena serangan virus tersebut. untuk mencegah penyebaran lebih parah tak kurang dari 1578 sapi salin harus dimusnahkan. Bayangkan hanya karena satu kecerobohan, virus bocor ke luar laboratorium dan menyebabkan kerugian sebesar 200 juta poundsterling.

No more articles