Doa adalah merupakan bentuk dari wujud permintaan seorang hamba ke kepada Tuhannya Yang Maha Pemurah lagi Maha Pemberi. Dalam kaitan hal ini, sesungguhnya Allah SWT sangat menyukai dan mencintai hambanya yang selalu berserah diri dan meminta dengan doa kepada-Nya. Bahkan dalam sebuah hadis Qudsi menyebutkan bahwa orang yang suka berdoa tidak hanya dicintai oleh Allah SWT, melainkan juga akan dihapus segala dosa-dosanya seperti pada firman Allah SWT yang artinya “ Wahai manusia, selagi engkau berdoa dan berharap kepada-Ku, aku akan mengampuni dosamu dan tidak Aku pedulikan lagi dosamu” ( HR. At Tarmidzi, ia berkata hadis shahih ).

Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Waktu Mustajab Untuk Berdoa [ image source ]

Jika orang yang suka berdoa di cintai oleh Allah SWt, lantas bagaimana dengan orang yang tidak mau berdoa kepada-Nya? Jawabannya tentu adalah kebalikannya, yaitu akan mendapatkan laknat dan diancam dengan neraka jahannam seperti yang tertuang pada firman Allah SWT yang Artinya “ Berdoalah kepada-Ku, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan kedalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina “ ( QS: Ghafir 60 ). Kembali ke masalah doa, tahu nggak kalau agar doa kita dikabulkan, ternyata ada loh waktu-waktu paling mustajab dianjurkan kepada kita untuk melakukan doa. Dan berikut ini adalah beberapa waktu paling mustajab untuk berdoa agar lekas dikabulkan.

1. Di Waktu Sepertiga Malam Terakhir

Di Waktu Sepertiga Malam Terakhir

Di Waktu Sepertiga Malam Terakhir [ image source ]

Sepertiga waktu malam terakhir adalah merupakan waktu yang penuh dengan keberkahan. Sebab pada waktu itulah Allah SWT turun ke langit dunia untuk mengabulkan doa hamba-Nya yang berdoa ketika itu. Seperti yang di sabdakan oleh Rasulullah “ Rabb kita turun kelangit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman “ Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni” ( HR. Bukhari no. 1145, Musli, no. 758 ). Di bulan Ramadhan, sepertinya bangun di sepertiga malam tidaklah sulit karena waktu ini bersamaan dengan waktu makan sahur.

2. Ketika Berbuka Puasa

Ketika Berbuka Puasa

Ketika Berbuka Puasa [ image source ]

Waktu mustajab dikabulkannya doa berikutnya adalah waktu orang melakukan berbuka puasa. Diwaktu ini orang yang berpuasa merasakan kebahagiaan dari ibadahnya yaitu diperbolehkannya makan dan minum setelah seharian menahannya. Sebagaiamana hadis berikut ini yang berisi “ Orang yang berpuasa memiliki 2 kebahagiaan, kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak” ( HR. Muslim no. 1151). Terkait dengan riwayat waktu berbuka adalah merupakan waktu dimana doa di ijabahi adalah seperti sabda Rasulullah SAW yang berbunyi “ Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” ( HR. Tirmidzi no. 2528).

3. Ketika Malam Lailatul Qadar

Ketika Malam Lailatul Qadar

Ketika Malam Lailatul Qadar [ image source ]

Malam Lailatul Qadar adalah merupakan malam dimana pertama kali diturunkan Al-Quran yang juga dijelaskan dalam firman Allah SWT yang artinya “ Malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan” ( QS. Al Qadr: 3 ). Pada malam inilah seorang muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa karena semua doa Insya Alloh akan di kabulkan. Sebagaimana yang diceritakan Ummul Mu’minin Aisyah Radhiallahu’anha “Aku bertanya kepada Rasulullah, Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau menjawab berdoalah, Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni [‘Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku”] ”(HR. Tirmidzi, 3513, Ibnu Majah, 3119, At Tirmidzi berkata: “Hasan Shahih”).

4. Ketika Waktu Adzan Dikumandangkan

Ketika Waktu Adzan Dikumandangkan

Ketika Waktu Adzan Dikumandangkan [ image source ]

Dalam Islam, adzan adalah merupakan seruan yang ditujukan sebagai penanda dimana sudah tiba waktunya untuk melakukan sholat. Namun tahukah kamu bahwa selain dianjurkan untuk menjawab seruan adzan saat dikumandangkan, seorang muslim ternyata juga dianjurkan untuk berdoa. Salah satu alasannya adalah karena saat adzan dikumandangkan waktu itu termasuk sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW “ Doa tidak tertolak pada dua waktu atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika Adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang”. (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”). Nah mulai sekarang jangan lagi sia-siakan waktu untuk berdoa di waktu adzan ya, dan jangan lupa untuk segerakan tunaikan panggilannya karena sholat tepat waktu itu harus diutamakan.

5. Waktu di Antara Sela-sela Adzan dan Iqamah

Waktu di Antara Sela-sela Adzan dan Iqamah

Waktu di Antara Sela-sela Adzan dan Iqamah [ image source ]

Seorang muslim sejatinya memiliki banyak sekali waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa yang dimana doa tersebut sangat kemungkinan kecil ditolak. Nah waktu mustajabnya untuk berdoa ternyata nggak hanya saat dikumandangkannya adzan, tapi juga waktu diantara sela-sela adzan dan iqamah juga merupakan waktu yang sangat baik untuk memanjatkan doa. Hal ini seperti yang disabdakan Rasulullah SAW “ Doa di antara Adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih ). Meski sebagian ulama berpendapat tidak dilarang melakukan shalawatan atau berdzikir di waktu jeda antara adzan dan iqamah, namun alangkah baiknya dengan adanya waktu yang mustajab tersebut digunakan semaksimal mungkin untuk memanjatkan doa karena besar kemungkinan doa kita tidak akan ditolak.

6. Ketika Saat Sedang Sujud Dalam Sholat

Ketika Saat Sedang Sujud Dalam Sholat

Ketika Saat Sedang Sujud Dalam Sholat [ image source ]

Dalam Islam ada dua sholat yang diperintahkan untuk dilakukan oleh umat muslim. Sholat yang pertama yaitu sholat wajib dan yang kedua adalah sholat sunah yang ada banyak macamnya. Sholat wajib tentu menjadi salah satu sholat yang sejatinya tidak boleh dilewatkan oleh seluruh umat muslim. Sedangkan untuk sholat sunah, memang diajurkan untuk dilakukan namun hukumnya tidak wajib sehingga tidak berdosa jika ditinggalkan atau tidak dilaksanakan. Nah membahas tentang sholat, dalam gerakan sholat khususnya saat sujud ternyata juga menjadi salah satu waktu yang baik untuk memanjatkan doa. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW “ Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” ( HR. Muslim no. 482 ).

7. Ketika Sebelum Salam Pada Shalat Wajib

Ketika Sebelum Salam Pada Shalat Wajib

Ketika Sebelum Salam Pada Shalat Wajib [ image source ]

Rasulullah SAW bersabda “ Ada yang bertanya, Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah SWT? Beliau bersabda, diakhir sholat malam dan diakhir shalat wajib” ( HR. Tarmidzi no. 3499 ). Dalam riwayat lain Ibunu Qsayyim Al Jauziyyah dalam Zaadul Ma’ad (1/305) menjelaskan bahwa yang dimaksu dengan akhir saholat wajib adalah sebelum salam dilakukan. Selain itu tidak juga terdapat riwayat bahwa Rasulullah SAW dan para sahabat merutinkan berdoa meminta sesuatu setelah salam pada sholat wajib. Meski sebagian para ulama tidak melarang melakukan doa setelah sholat, namun kewajiban utama setelah sholat sebaiknya digunakan untuk berdzikir seperti yang tertuang dalam firman Allah SWT QS. An Nisa : 103 yang isinya “ Jika engkau selesai sholat, Berdzikirlah”.

8. Di Setiap Waktu Hari Jum’at

Di Setiap Waktu Hari Jum’at

Di Setiap Waktu Hari Jum’at [ image source ]

Rasulullah SAW bersabda “ Hari terbaik dimana matahari terbit didalamnya ialah hari jum’at. Pada hari itu Adam AS diciptakan, dimasukkan kedalam Surga, dikeluarkan padanya dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at. Dalam riwayat lain juga ditegaskan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda “ Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari jum’at, maka perbanyaklah shloawat kepadaku didalamnya, karena sholawat kalian akan ditujukan kepadaku, para sahabat bekata : bagaimana situnjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah? Nabi bersabda “ Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi “ (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i). Dari sepenggal riwayat diatas, hari jum’at adalah hari terbaik umat muslim untuk memperbanyak memanjatkan doa.

9. Ketika Sedang Turun Hujan

Ketika Sedang Turun Hujan

Ketika Sedang Turun Hujan [ image source ]

Hujan adalah merupakan salah satu nikmat yang diturunkan oleh Allah SWT untuk seluruh umat manusia. Oleh karenanya orang yang beriman sangat dilarang mencela turunnya hujan dengan alasan apapun itu karena hujan adalah merupakan bentuk sebagian dari nikmat rizky yang diberikan langsung oleh Allah SWT. Nah untuk mengantisipasi jengkel yang nanti akan berbuah pencelaan terhadap hujan, umat muslim ternyata dianjurkan untuk selalu memperbanyak doa ketika sedang turun hujan karena di waktu itulah doa yang dipanjatkan tidak tertolak. Hal tersebut juga ditegaskan dalam hadis riwayat Al Hakim no. 2534 dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078 yang isinya adalah “ Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika adzan sedang berkumandang dan ketika hujan turun”.

No more articles