Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten di jawa timur. Letaknya paling ujung dan berbatasan dengan selat bali. Kabupaten banyuwangi ini merupakan kabupaten terluas di jawa. Bahkan kabupaten yang satu ini jika dibandingkan lebih luas dari pulau bali. Di banyuwangi ini ada pelabuhan ketapang yang langsung berhubungan dengan pulau bali yaitu pelabuhan gilimanuk.

5 Tempat Wisata Di Banyuwangi Yang Paling Dicari Oleh Para Wisatawan.

5 Tempat Wisata Di Banyuwangi Yang Paling Dicari Oleh Para Wisatawan. Image [Source]

Sebagai kabupaten yang besar dan berbatasan dengan perairan, banyuwangi punya banyak tempat wisata yang asik asik baik wisata alam maupun wisata buatan. Untuk wisata alam, banyuwangi punya gunung ijen, beberapa air terjun serta pantai. Tempat wisata buatan seperti museum, taman bermain serta kebun juga banyak di kabupaten banyuwangi ini. kalau kamu kebetulan sedang berniat pergi berwisata ke sana, berikut ini beberapa tempat wisata recomended yang ada di kota ini.

1. Tempat Wisata Banyuwangi, Pantai Teluk Hijau.

Tempat Wisata Banyuwangi, Pantai Teluk Hijau.

Tempat Wisata Banyuwangi, Pantai Teluk Hijau. Image [Source]

Tempat wisata yang satu ini masih ada di area taman nasional meru betiri, sarongan pesarangan, banyuwangi. Berjarak sekitar 90 km dari kota banyuwangi. Wah jauh juga ya. Nama teluk diambil karena air pantai teluk ini berwarna hijau. Dikenal juga dengan sebutan Green bay. Disini wisatawan akan dipukau oleh pemandangan karang yang indah serta air terjun setinggi 8 meter. meskipun lokasinya tersembunyi dan butuh perjuangan untuk kesana, karena pesona nya yang memakau tersebut pantai teluk hijau ini ramai dikunjungi wisatawan baik dari luar maupun wisatawan lokal banyuwangi.

2. Wisata Banyuwangi Kawah Gunung Ijen

Wisata Banyuwangi Kawah Gunung Ijen

Wisata Banyuwangi Kawah Gunung Ijen Image [Source]

Gunung ijen merupakan salah satu daya tarik dari banyuwangi. Di gunung ini ada kawah ijen yang sudah terkenal. Kawah ini ini merupakan salah satu kawah terasam di dunia. mempunyai luas 5.466 hektar dan memiliki dinding kaldera setinggi 300-500 meter. selain asap belerang yang mengepul fresh hangat dari kawahnya, di tempat wisata ini banyak di temui para penambang belerang yang bekerja keras mencari kehidupan. Selain itu kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset di pagi dan sore hari. malam hari juga kawah ijen memamerkan pesonanya sendiri. cairan belerang mengalir tanpa henti di bawah kawah memendarkan sinar kebiruan yang memukau. Kamu bisa menikmati pemandangan ini asal mau kesana jam 02.00 dini hari. beruntung sekali ya orang yang tinggal dekat gunung ijen

3. Wisata Banyuwangi Pantai Plengkung.

Wisata Banyuwangi Pantai Plengkung.

Wisata Banyuwangi Pantai Plengkung. Image [Source]

Pantai plengkung merupakan pantai di banyuwangi yang popularitasnya sudah mendunia. Pantai ini terkenal karena memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga membuat banyak peselancar tingkat dunia yang untuk datang dan menakhlukkannya. Pantai plengkung ini lokasinya masih di kawasan taman nasional Alas Purwo. Ombak di pantai ini mencapai 4 hingga 8 meter tingginya dengan panjang 2 km. Enggak heran pantai ini jadi spot surfing terbaik se asia tenggara. Meskipun kurang dikenal di kalangan wisatawan lokal para turis asal amerika dan brasil justru sudah akrab dengan pantai ini. mereka bahkan punya sebutan sendiri pantai ini yaitu G-land.

4. Taman Nasional Meru Betiri.

Taman Nasional Meru Betiri.

Taman Nasional Meru Betiri. Image [Source]

Meru betiri merupakan surganya flora fauna di banyuwangi. Taman nasional yang ada di wilayah pantai selatan banyuwangi ini luasnya mencapai 500 km lebih dan ada di 2 kabupatan yaitu jember dan banyuwangi. Disini tersimpan banyak sekali keaneka ragaman flora fauna seperti bunga raflesia zolingeriona, kera ekor panjang, banteng, rusa, harimau jawa, penyu langka dan beberapa hewan dilindungi lainnya.

5. Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah. Image [Source]

Terletak di keamatan pesanggaran. Selain ada puranya, pantai ini terkenal karena ada satu pulau kecil di tengah laut yang tanahnya merah. Ketika surut, para wisatawan dapat berkunjung ke pulau kecil tersebut dan melihat batas antara tanah dan lautnya yang berwarna merah. Dari pulau bertanah merah inilah pantai pulau merah mendapatkan namanya.

Lumayan asik asik kan tempat tempat wisata di banyuwangi. Itu belum semua lho. banyu wangi masih menyimpan banyak lokasi wisata lain yang menunggu untuk kamu jelajahi. Jadi jangan ragu ragu untuk berkunjung ke kabupaten ini ya.

No more articles