Jika di bandingkan dengan negara lain, mungkin Indonesia memiliki banyak sekali karakter ragam budaya yang penuh dengan keunikan. Termasuk beberapa hal budaya di waktu bulan Ramadhan yang dimana ada keunikan tentang budaya sahur serta memiliki jadwal imsak yang mungkin di negara Islam lainnya tidak dimiliki.

Buka Bersama

Buka Bersama [ image source ]

Nah membahas tentang budaya Indonesia tentang sahur dan imsak di bulan Ramadhan, berikut ini adalah sedikit pengertian tentang apa itu sahur, imsak, serta shaum yang harus kamu ketahui agar ibadah puasamu menjadi lebih tepat dan bermakna.

Sahur

Bagi umat muslim yang sudah diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan mungkin sudah tidak asing lagi dengan apa itu sahur. Sahur atau juga disebut dengan sehur, sehri, sahari atau suhoor adalah aktivitas makan di pagi buta menjelang subuh yang sudah menjadi rutinitas umat muslim di bulan Ramadhan. Meski aktivitas sahur itu termasuk sunnah atau boleh tidak dilakukan oleh orang yang akan berpuasa, namun tahukah kamu bahwa di dalam sahur ternyata terdapat banyak keberkahan.

Sahur

Sahur [ image source ]

Seperti yang dijelaskan dalam hadits Bhukari yang isinya dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah SAW bersabda, “ Bersahurlah kalian karena di dalam sahur terdapat keberkahan”. Nah buat yang malas bangun untuk sahur di bulan Ramadhan, mulai puasa nanti sebaiknya jangan sampai lagi ketinggalan waktu sahur ya? apa nggak rugi tuh menyianyiakan banyak keberkahan sahur di bulan yang penuh dengan berkah tersebut meski hanya dengan sebatas bangun untuk meminum seteguk air.

Imsak

Di Indonesia imsak umumnya digunakan sebagai penanda tentang waktu dimana agar orang yang melakukan sahur bersiap-siap menyudahi melakukan aktivitas makan. Namun tahukah kamu bahwa menurut beberapa pendapat ulama dalam ilmu fiqih disebutkan bahwa imsak sejatinya adalah persamaan dari kata puasa yang seharusnya ditempatkan bersamaan dengan waktunya adzan subuh bukan seperti yang dilakukan di Indonesia yaitu menjelang waktu subuh.

Imsak

Imsak [ image source ]

Oleh sebab itulah di zaman Rasulullah ada dua kali adzan yang dikumandangkan diwaktu Ramadhan menjelang pagi. Adzan pertama adalah sebagai tanda peringatan akan datangnya waktu subuh atau juga disebut sebagai tanbihun, dan adzan yang kedua dilakukan setelah salah seorang sahabat Nabi selesai membaca 50 ayat dari adzan pertama yang juga disebut sebagai sholat subuh atau waktu imsak yang sebenarnya yaitu waktu dimana orang sudah harus melakukan puasa.

Shaum

Shaum sejatinya juga adalah merupakan persamana kata lain yang memiliki arti yang sama dengan imsak dan siyam atau yang lebih dikenal dengan kata puasa. Puasa sendiri dalam Islam ada dua kategori, yaitu puasa sunah dan puasa wajib. Seperti halnya yang di bahas pada poin sebelumnya, bahwa kegiatan puasa dimulai sejak adzan untuk sholat subuh dikumandangkan. Sejak saat itulah bagi umat muslim yang tidak sedang ada udzur atau halangan di wajibkan untuk mulai berpuasa.

Shaum

Shaum [ image source ]

Secara garis besar Shaum, imsak atau syam adalah memiliki makna untuk segera memulai menahan diri, mencegah perbuatan, serta menghindar dari hal-hal yang membatalkannya. Nah beberapa hal yang dapat membatalkannya adalah makan dan minum, berhubungan intim, muntah dengan disengaja, mestruasi, mendadak gila, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah salah satu hal yang juga tidak boleh terlewatkan dalam berpuasa adalah melakukan niat puasa karena Allah SWT.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa pengertian tentang apa itu sahur, imsak dan shaum yang harus kamu ketahui. Nah buat kalian yang mungkin memiliki hal tentang pengertian lain selain yang telah dibahas, jangan lupa ya tambahkan ke kolom komentar agar sahabat lainnya bertambah wawasannya tentang sahur, imsak dan shaum.

No more articles